Ragam Tes Psikologis - berbagai macam jenis tes psikologis: tes inteligensi, tes bakat, tes kecerdasan emosi, tes kepribadian, tes kreativitas

       Dewasa ini terdapat berbagai macam jenis tes psikologis  seperti ; tes inteligensi (intelligence test) untuk mengukur inteligensi subyek, tes bakat (aptitude test) untuk mengukur bakat / talenta subyek, tes kecerdasan emosi (emotional intelligence test) untuk mengukur kecerdasan emosi subyek, tes kepribadian (personality test) untuk mengukur aspek kepribadian subyek, dan tes kreativitas (creativity test) untuk mengukur kreativitas subyek. Dari aneka ragam tes psikologis tersebut, Cronbach (1984:29-32) mengelompokkan tes menjadi dua kelompok, yaitu test of maximum performance, dan test of  typical performance.   
1.   Test of Maximum Performance
      Test of maximum performance adalah kelompok tes psikologis yang digunakan untuk mengukur kemampuan maksimum subyek seperti inteligensi (kemampuan mental umum) dan bakat / talenta (kemampuan mental khusus).  Kelompok tes ini memiliki beberapa ciri khas, di antaranya yaitu (1) mengukur kemampuan subyek, (2) memiliki jawaban betul dan salah, dan (3) waktu testing dibatasi secara ketat.
2.   Test of Typical Performance
       Test of typical performance adalah kelompok tes psikologis yang digunakan untuk mengukur kemauan subyek seperti minat dan kepribadian subyek. Kelompok tes ini memiliki beberapa ciri khas yaitu (1) mengukur (1) kemauan subyek, (2) semua jawaban subyek merupakan jawaban yang betul, dan (3) waktu testing tidak dibatasi secara ketat artinya masih ada toleransi tambahan waktu bagi subyek yang dites.

DAFTAR PUSTAKA
Anastasi, A. Dan Urbina. 1998. Psychological Testing (Jilid I). Terjemahan oleh Robertus Hariono S. Imam. Jakarta: PT Prenhallindo.
Aswar, S. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cronbach, L.J. 1984. Essential of Psychological Testing (Fourth Edition). New York: Harper & Row, Publishers.
Munandir, 1995. Testing dalam Bimbingan: Pemahaman Individu dan Konseling Pengambilan Keputusan. Program Pelatihan Sertifikasi Tes Bagi Konselor Pendidikan, Program Pascasarjana IKIP Malang.
Suryabrata, S. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi.


Terima kasih: Duta Pulsa - Persewaan Alat Pesta - Toko Jilbab - Koleksi Abaya-Busana Muslim - Kerudung Murah


Pengertian Tes Psikologis - instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan potensial psikologis subyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Wiremesh murah hubungi Afandi - 081233336118. - Ada juga besi beton murah.

Jasa Pembuatan Pagar, Kanopi (+Renovasi)
WA ke 081233336118