Allah melaknat penyuap, penerima suap dan yang memberi peluang bagi mereka

Allah melaknat penyuap, penerima suap dan yang memberi peluang bagi mereka


Allah melaknat penyuap, penerima suap dan yang memberi peluang bagi mereka. (Rasulullah saw riwayat Ahmad) Akan datang sesudahku penguasa-penguasa yang memerintahmu. Di atas mimbar mereka memberi petunjuk dan ajaran dengan bijaksana, tetapi bila telah turun mimbar mereka melakukan tipu daya dan pencurian. Hati mereka lebih busuk dari bangkai. (Rasulullah saw riwayat Ath-Thabrani) Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
| Tag: Agama, Nasehat | Categories: Agama,Nasehat | 
Komentar    See all comments

Membuat blog sendiri untuk Butik

Saya agak kesusahan untuk membuat blog sendiri untuk rencana butik saya yang menjual produk dari OkRek. Saya bisa tidak minta untuk dbuatkan blog untuk yg berkenaan dengan penjualan batik saya dari OkRek. Terus saya juga membaca, produk pesanan dari batik OkRek bisa saya ganti lebel dengen merek butik saya. Apakah saya bisa mengganti merk lebel saya sendiri. Terus untuk mendapatkan foto2 dari OkRek tanpa watermark gimana ya caranya. terimakasih.



Terima kasih atas kesediaan Anda bekerjasama dengan kami.

Blog http://....blogspot.com telah dibuatkan untuk Anda
untuk mengedit, menambahkan posting produk dan keterangan, dll
diperlukan email @gmail.com silakan berikan email @gmail.com Anda kepada kami,
jika belum punya harus membuat dulu.

Anda bebas memberikan label atau merek Anda sendiri, namun jika menampilkan 
foto dari kami (termasuk yang kemudian diedit), harus mengambil barang dari kami.
Kami akan terus berusaha meningkatkan mutu produk dan layanan, dan saat ini 
sedang gencar menarik investor untuk kerja sama pengadaan ready stok dalam jumlah besar, sehingga memudahkan para reseller mendapatkan produk siap jual.

Kebanyakan foto yang ada di www.okrek.comwww.ok-rek.com, dan fb.okrek.com,
adalah tanpa watermark, jika Anda mendapati ada watermark, Anda bisa membuat daftar produk yang Anda inginkan saja untuk di email kepada kami, dan akan kami kirim foto yang Anda minta tersebut
 via emai
.

Jika ada yang belum jelas, silakan langsung tanyakan kepada kami.
Info langsung via telp/sms ke Ayuna di 0878 5209 5976; 0899 3388 907

Salam

Afandi Kusuma
Jl. Awikoen Madya no 5 Gresik
0878 525 80885; 082140 031 207;

.


dari  Desain dan Produksi Mode dan Busana

Ayo Bersihkan Akun-akun Kriminal dari Facebook Kita

Please…. attention…. 
Facebook adalah media sosial yang paling mudah untuk komunikasi untuk kita, entah kita di Indonesia, Malaysia, Inggris, Amerika, Korea, semua bisa komunikasi dengan facebook. tapi sekarang ini banyak sekali orang-orang yang membuat facebook sebagai media kriminalitas,
Dari penyebaran ajaran sesat, sampai penculikan, pemerkosaan dan kerusuhan disebabkan oleh penggunafacebook yang kriminal. Coba kita kembali mengecek daftar pertemanan kita, apabila disana ada akun-akun yang janggal, atau akun itu menyebarkan keburukan, foto-foto yang tidak pantas, entah porno atau sadisme, sebaiknya anda hapus pertemanan anda dengan dia. Karena untuk menjaga diri anda sendiri dari kriminalitas di facebook, dan mengurangi kesempatan orang-orang kriminal menjerat diri anda.
Berikut ini beberapa kriminalitas yang pernah terjadi di facebook.

1. Tertipu Online shop.
Banyak sekarang ini online shop yang menjamur di facebook, semakin hari semakin bertambah, dan yang dijualpun semakin beraneka, namun ada kalanya kita harus berjaga-jaga dari online shop palsu yang hanya menginginkan uang kita, setelah kita transfer sejumlah uang, dia kabur dan tidak online lagi. Atau bahkan kasusnya ada yang melebar seperti ini, Pembeli penipu berlagak membeli sebuah barang kepada anda, dan dia mentransfer sejumlah uang sesuai kesepakatan, tapi setelah barang dikirim, tidak lama anda sebagai online shop akan menerima sebuah telp, sms atau inbox yang berisi mengenai kekecewaan seseorang yang tidak anda kenal dan membicarakan mengenai barang yang tidak anda jual.
Kesimpulannya, pembeli penipu itu sebenarnya dia juga berlaku sebagai online shop yang menjual produk lain, dan bila ada orang yang membeli produk abal-abalnya itu, dan mentransfer uang, dia tidak melayani konsumennya, namun, malah membeli produk lain, dan uang konsumen itu ia gunakan untuk konsumsinya sendiri. Hal ini merugikan kedua belah pihak, konsumennya dan anda sebagai  onlineshop yang jujur. Konsumennya kehilangan uang, dan anda yang jujur mendapatkan dampak pencemaran nama baik dan diharuskan mengembalikan uang.
Orang-orang yang menipu seperti ini, sungguh tidak peduli dengan orang lain, bahkan tidak peduli bagaimana dosa yang ia tanggung kedepannya nanti, ia hanya peduli dengan barang atau materi yang bisa ia konsumsi saat ini. Tak perlu kita membahas lagi mengapa dan bagaimana pertama kali orang-orang itu punya misi seperti itu. Karena sudah banyak yang membahasnya.
Sekarang bagaimana kita menjaga diri kita dari onlineshop-onlineshop nakal atau malah palsu, dan sarang penipu.
Pertama, kita hati-hati dengan online shop di facebook yang berbentuk akun pribadi,  lihat dulu informasi tentang online shop itu. Ada alamat lengkapnya tidak, kalau perlu search di google map alamat itu, kalau ada dan bukan alamat palsu, anda boleh setengah percaya,  setelah itu lihat kontaknya, bisa ditelp tidak?, lalu lihat favorite thing, yang dia sukai, atau kalau perlu anda bisa tanyakan websitenya apa?. kalau punya anda boleh percaya setengah lagi, lalu lihat foto-fotonya.
Koleksi foto, disetiap foto ada keterangan produknya atau tidak?, harganya lengkap atau tidak, disediakan informasi pembelian atau tidak, itu semua harus dicek. Kalau semuanya sudah lengkap dan bisa dipercaya, anda bisa memesan satu saja produk ke orang itu. yang paling murah, atau yang tidak terlalu mahal.
Kalau pelayanannya bagus, produk dikirim walaupun lambat tapi tetap sampai, dengan selamat, dan produknya tidak jauh perbedaannya dengan foto. Maka online shop itu bisa dipercaya dan anda boleh membeli apapun disana. Namun jaga hubungan baik dengan online shop untuk mendapatkan layanan khusus seperti diskon, merchandise atau hadiah persahabatan lainnya. karena onlineshop di facebook sangat bersahabat.
Oh iya. hindari dan putuskan online shop yang terlalu sering main TAG, ada beberapa penilaian dari banyak orang tentang online shop yang terlalu banyak men-TAG orang asing, "Dia ingin menyebarkan produknya dengan instan" "Dia ingin mendapatkan banyak mangsa atau pembeli"
Dan untuk para onlineshop yang baik hati, jangan pernah main TAG orang-orang yang sangat asing atau baru add akun anda. Karena kalau kebanyakan di TAG, orang akan merasa kesal dan akan mengKLIK anda sebagai spammer, meskipun tertarik dengan produk anda dia tidak akan membeli, lalu apa yang akan anda dapatkan? facebook akan memblokir beberapa fasilitas online shop anda. padahal anda tidak pernah menipu ataupun melakukan hal kriminal lainnya. Jadi… jaga diri anda sekarang juga.

2. Pria hidung belang VS Gadis perayu
Kalau yang dua ini, banyak yang terjebak, dan banyak pula yang merasa risih. Modusnya setelah di add dia posting di wall kita dengan ucapan-ucapan yang tidak seharusnya, kata-kata yang tidak pantas dan merayu-rayu. dan banyak orang yang mengatakan "Ah itu hal biasa, itu kan gaul"
Hello…… kalian semua yang bilang itu gaul, itu sungguh tidak normal. Setelah dia post kata-kata rayuan di wall anda yang membuat risih. Dia akan menyapa setiap hari di chat facebook. Tanpa alasan yang jelas, tanpa maksud yang jelas, dan hanya pembicaraan yang sepele. Lalu anda akan diminta no hp, lalu dia akan sms diri anda, tidak peduli anda telah menikah atau punya belasan anak. Dia akan tetap mengganggu diri anda. Dan….. akhir-akhirnya anda akan suka dengan rutinitas yang aneh itu. Barulah dia membombardir kesedihan kepada anda, memintah sedikit uang untuk keluarganya, membantu kakaknya, dan ya seperti itulah. Seperti pelacur dan gigolo didunia nyata. Tapi anda akan mendapatkan suguhan foto-foto palsu dari akun itu. Bukan foto pemilik akun itu sendiri.
Banyak orang baik yang tersesat karena orang-orang seperti ini. Ayolah kawan… bila ingin serius berhubungan dengan seseorang, jangan pernah memulainya di dunia maya seperti facebook. Karena facebook sangatlah global dan bukan tempat yang pas untuk mencari pasangan hidup. Dan masih banyak media sosial yang dikelola oleh beberapa ahli kejiwaan untuk mempertemukan kalian dengan pasangan yang pas dan sesuai kriteria.
Bagi yang punya suami atau istri, hati-hati jangan sampai anda melanjutkan hal seperti itu, chat dengan orang lain, share dengan orang lain tentang masalah pribadi anda, apalagi mengeluarkan sejumlah uang untuk menolong "someone FAKE" yang tak jelas siapa dia. Dan begitu juga dengan kalian yang masih belum menikah.  Semuanya. cepat~! hapus akun orang itu dan blokir, jangan tanggung-tanggung, laporkan orang yang seperti itu difacebook. Sebagai pelecehan, atau spamer. Maka semakin banyak orang yang melaporkan akun orang itu, maka facebook akan menghapuskan beberapa fasilitas untuk dia.
Kalau ingin mendapatkan pasangan yang baik, untuk apa cari di facebook, cari ditempat-tempat yang baik, seperti di pesantren terkenal, forum-forum dakwah, atau seseorang yang dikenalkan saudara dan  sahabat, atau kalau agama lain, bisa cari di gereja, dan tempat-tempat peribadatan lainnya. Orang yang baik akan berada di tempat yang baik pula. Kita sekiranya harus selalu mengingat sebuah pepatah "Apabila kamu sudah menjadi orang yang baik, kamu akan mendapatkan pasangan yang baik pula, yang nantinya akan membahagiakanmu dan mencintaimu lebih dari siapapun"

3.  Serangan Alay.
Wow… sudah jelas dan lugas, menurut beberapa pengguna media sosial, facebook tempatnya para Alay. what is Alay?.....

Bersihkan Akun Kriminal dari Facebook Kita [Tulisan baru]

Bersihkan Akun Kriminal dari Facebook Kita


.Please…. attention…. Facebook adalah media sosial yang paling mudah untuk komunikasi untuk kita, entah kita di Indonesia, Malaysia, Inggris, Amerika, Korea, semua bisa komunikasi dengan facebook. tapi sekarang ini banyak sekali orang-orang yang membuat facebook sebagai media kriminalitas, Dari penyebaran ajaran sesat, sampai penculikan, pemerkosaan dan kerusuhan disebabkan oleh pengguna facebook yang kriminal. Coba kita [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
Pengetahuan | URL: /p5Ro9-14l
Komentar    See all comments

Paragraf Berpola Umum-Khusus

Paragraf Berpola Umum-Khusus


Bacalah paragraf berikut ini! Kepedulian kepada sesama harus ditumbuhkan kembali dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu diwujudkan melalui adanya perasaan senasib sepenanggungan dengan sesama. Jika ada tetangga atau kerabat mengalami kesulitan, maka segeralah ulurkan bantuan. Kesulitan akan terasa mudah jika ada kebersamaan antara kita. Berikan bantuan tanpa harus diminta. Jangan biarkan ada penderitaan sementara kita nyenyak [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
Categories: Pengetahuan |  
Komentar    See all comments

Pentingnya Persatuan dalam Keragaman

Pentingnya Persatuan dalam Keragaman


Di sekitar tempat tinggal, diantara kita mungkin ada yang menjumpai sejumlah suku bangsa, tidak hanya satu suku bangsa. Mengapa demikian? Indonesia negara kesatuan. Hubungan antarpulau sudah terjadi sejak zaman dahulu. Ketersediaan angkutan laut sangat memudahkan hubungan antarpulau. Banyak suku bangsa dari satu pulau pindah ke pulau yang lain. Mereka menetap di tempat yang baru. Jadilah penduduk setempat. Kemudian menjadi penduduk [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
Tag: Artikel | Categories: Artikel |  
Komentar    See all comments

Tanaman pertanian, Tanaman perkebunan, Tanaman hutan, dan Tanaman air

Tanaman pertanian, Tanaman perkebunan, Tanaman hutan, dan Tanaman air


1) Tanaman pertanian Tanaman pertanian merupakan tanaman hasil pertanian yang meliputi hasil sawah, tegal dan ladang. Contoh tanaman pertanian adalah padi, sayur-sayuran, buah-buahan, gandum dan ubi. 2) Tanaman perkebunan Tanaman perkebunan terdiri dari tanaman perkebunan di dataran tinggi dan di dataran rendah. Contoh tanaman perkebunan di dataran tinggi adalah cengkih, teh dan tembakau. Sedangkan contoh tanaman perkebunan di dataran rendah adalah kelapa, karet, tebu, [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
 Tag: Alam, Lingkungan | Categories: Artikel, Lingkungan |  
Komentar    See all comments

Hewan liar, Hewan piaraan, dan Hewan ternak

1) Hewan liar
Hewan liar merupakan hewan yang hidup bebas di alam baik di perkampungan, hutan, sungai, ataupun di laut. Hewan liar tidak dipelihara manusia.
Dapatkah kamu menyebutkan contohnya? Hewan-hewan liar seperti kijang, gajah, harimau, dan buaya banyak diburu manusia. Untuk apa? Hewan-hewan tersebut dimanfaatkan untuk dimakan dagingnya, diambil kulitnya untuk dibuat pakaian atau diambil gadingnya untuk hiasan. Karena sering diburu sekarang hewan-hewan tersebut menjadi langka. Padahal keberadaan hewan-hewan liar sangat penting untuk menjaga keseimbangan alam.

2) Hewan piaraan
Hewan piaraan merupakan hewan yang biasa dipelihara manusia untuk kesenangan atau hoby. Sebagai contoh adalah kucing, burung, hamster, dan anjing. Anjing dipelihara selain untuk kesenangan juga untuk menjaga keamanan rumah ataupun mencari jejak.

3) Hewan ternak
Hewan ternak merupakan hewan yang sengaja dikembangbiakkan untuk kebutuhan konsumsi maupun industri. Contoh hewan ternak antara lain sapi, kerbau, kuda, kambing, ayam dan itik. Hewan ternak dapat dimanfaatkan daging, telur, kulit, bulu dan susunya.

Selengkapnya tentang Hewan liar, Hewan piaraan, dan Hewan ternak dan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui klik disini.

Contoh soal Matematika – Pertidaksamaan

Contoh soal Matematika – Pertidaksamaan



1. Tanah seluas 10.000 m2 akan dibangun rumah tipe A dan tipe B. Untuk tipe A diperlukan 100 m2 dan dan tipe B diperlukan 75 m2. Jumlah rumah yang akan dibangun paling banyak 125 unit. Keuntungan rumah tipe A adalah Rp 6.000.000,00/unit dan tipe B adalah Rp 4.000.000,00/unit. Keuntungan maksimum yang dapat diperoleh daripenjualan rumah tersebut [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut

Tag: Bank Soal, Matematika | Categories:Matematika |  
Komentar    See all comments

Contoh SILABUS MATAKULIAH/BIDANG ILMU Wawancara Psikologi

Contoh SILABUS MATAKULIAH/BIDANG ILMU Wawancara Psikologi


A. Identitas 1. Nama Matakuliah/Bidang Ilmu : Wawancara 2. Program Studi : Psikologi 3. Fakultas : Psikologi 4. Bobot : 3 SKS 5. Elemen Kompetensi : Mahasiswa mampu untuk memahami dan menjelaskan berbagai metode dan prinsip wawancara sebagai salah satu metode assesment dalam kajian bidang ilmu psikologi, mahasiswa mampu membedakan fungsi wawancara sebagai alat assesment dalam [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
Tag: Psikologi | Categories: Psikologi |  
Komentar    See all comments

Suku bangsa, Budaya dan kebudayaan [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah]

1. Suku bangsa merupakan sekumpulan masyarakat yang memiliki  kebiasaan dan budaya yang sama. Contoh suku di Indonesia antara lain Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tengger, Suku Aceh, Suku Batak, Suku Asmat, Suku Dayak, Suku Bali, Suku Sasak dan lain sebagainya.

2. Budaya dan kebudayaan adalah semua hasil pengolahan akal pikiran (cipta), perasaan (rasa) dan kehendak (karsa) dari manusia.

3. Bentuk-bentuk budaya yang biasa terdapat di tiap suku bangsa antara lain bahasa, sistem kemasyarakatan, upacara adat, rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, dan kesenian tradisional.
Sedangkan kesenian tradisional terdiri dari tarian tradisional, seni musik tradisional, lagu daerah, seni pertunjukan, dan cerita rakyat.

4. Beragamnya suku dan budaya di wilayah Indonesia sangat rawan perpecahan. Oleh karena itu persatuan dalam keragaman harus senantiasa dijaga. Dengan berpegang pada semboyan Bhinneka Tunggal Ika, niscaya persatuan dalam keragaman akan senantiasa terwujud.

-- dari  Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 2/15/2012 10:02:00 AM

Re: [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah] Periode Sejarah di Indonesia

Secara umum sejarah manusia di dunia ini dibagi menjadi dua zaman atau periode. Yakni zaman sejarah dan zaman pra sejarah. Zaman sejarah adalah zaman dimana manusia sudah mulai mengenal tulisan. Sedangkan zaman pra sejarah merupakan zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Sejarah di Indonesia dibagi menjadi 6 zaman yakni :


1. Zaman Batu
Pada zaman ini manusia masih banyak menggunakan peralatan dari batu untuk membantu melakukan kegiatan seharihari.
Contohnya: Kapak Perimbas (kapak dari batu) untuk menggali dan memotong umbi-umbian. Untuk membuat api mereka menggesekgesekan dua buah batu


2. Zaman Logam
Pada zaman ini manusia sudah mulai mengenal logam. Logam digunakan untuk membuat peralatan hidup dan perhiasan. Logam yang banyak dikenal antara lain besi dan emas.


3. Zaman Hindu-Budha
Zaman ini merupakan zaman masuk dan berkembangnya ajaran Hindu-Budha. Zaman ini ditandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu dan Budha. Misalnya Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Sriwijaya, Singosari, dan Majapahit. Pada zaman ini banyak dibangun candi, keraton, dan patung.


4. Zaman Islam
Pada zaman ini ajaran Islam masuk dan berkembang. Zaman ini ditandai dengan munculnya kerajaan-kerajaan Islam di nusantara. Contohnya Kerajaan Samudera Pasai, Aceh, Demak, Banten, dan Ternate. Pada zaman ini banyak dibangun masjid dan makam.


5. Zaman Kolonial atau Penjajahan
Zaman ini merupakan zaman dimana nusantara dikuasai oleh bangsa-bangsa penjajah, seperi Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Pada zaman ini, di Indonesia diwarnai perjuangan dan perlawanan melawan penjajah. Pada zaman ini banyak dibangun benteng serta dibuat senjata api, seperti meriam.

6. Zaman Indonesia Modern
Zaman ini merupakan zaman Indonesia setelah merdeka dari penjajah hingga sekarang.

dari  Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah

Monumen Bahari- Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah

Monumen Bahari
Monumen Bahari terletak tepat di depan Museum Mpu Tantular. Tepatnya disudut antara jalan Raya Diponegoro dan Raya Darmo di wilayah  Surabaya Selatan. Monumen Bahari didirikan oleh Angkatan Laut Republik Indonesia untuk memperingati jasa-jasa para perajuritnya yang  gugur dalam membela kemerdekaan negara Indonesia.
(Sumber : situs pemerintah kota Surabaya)

--
Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 2/14/2012 12:08:00 PM

Monumen Bahari- Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah

Monumen Bahari
Monumen Bahari terletak tepat di depan Museum Mpu Tantular. Tepatnya disudut antara jalan Raya Diponegoro dan Raya Darmo di wilayah  Surabaya Selatan. Monumen Bahari didirikan oleh Angkatan Laut Republik Indonesia untuk memperingati jasa-jasa para perajuritnya yang  gugur dalam membela kemerdekaan negara Indonesia.
(Sumber : situs pemerintah kota Surabaya)

--
Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 2/14/2012 12:08:00 PM

Upacara Ngaben -Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah


Upacara ngaben merupakan upacara pembakaran mayat atau pengabuan masyarakat Bali yang terkenal di dunia. Untuk melaksanakan  upacara ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Sebelum dibakar jasad dimasukkan ke dalam peti mati. Peti mati yang berbentuk sapi dan kerbau digunakan orang Bali berkasta (golongan) tinggi.
Peti mati yang rumit dan dihiasi dengan sesajen kemudian dihancurkan atau dibakar pada saat pengabuan. Kemudian abu dikumpulkan dan  dimasukkan ke dalam semacam patung almarhum, kemudian dibuang ke laut.

--
Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 2/13/2012 06:47:00 AMg

Kalimat Majemuk Bertingkat - [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah]



(a) Pak Halim menyampaikan berita itu.
(b) Pak Halim menyampaikan bahwa kebun sekolah kita akan ditanami pohon mangga.


Pada pembahasan sebelum ini kalian telah mempelajari batasan sebuah klausa, yaitu pola kalimat yang terdiri atas subjek (S) dan (Predikat) atau minimal berupa predikat saja. Sehingga, jika dalam sebuah kalimat terdapat lebih dari satu predikat, maka kalimat itu dapat digolongkan sebagai kalimat majemuk, karena dalam satu kalimat memiliki lebih dari satu klausa.
Bila sebuah kalimat memiliki lebih dari satu klausa karena proses penggabungan 2 klausa atau lebih, maka kalimat itu disebut kalimat majemuk setara karena klausa-klausa yang ada dalam kalimat itu tidak saling tergantung.
Bandingkan dengan contoh kalimat (b) pada contoh di atas!
Kalimat (b) memiliki 2 klausa, yaitu :
Klausa 1: Pak Halim mengatakan
Klausa 2: kebun sekolah kita akan ditanami bunga Kedudukan antara klausa 1 dan klausa 2 tidak setara. Klausa dua hanya merupakan klausa hasil perluasan dari fungsi subjek.
Klausa 2 disebut anak kalimat, sedangkan klausa 1 disebut indukkalimat.
Itulah kalimat majemuk bertingkat, yaitu kalimat yang memiliki lebih dari satu klausa dengan hubungan antarklausa yang tidak setara. Kalimat majemuk bertingkat pada contoh di atas adalah kalimat majemuk bertingkat dengan anak kalimat perluasan objek. Perluasan dapat dilakukan pada setiap fungsi dalam kalimat, baik itu subjek, predikat, objek maupun keterangan.


Contoh:
(a) Taufik Hidayat memenangkan pertandingan melawan Lin Dan tadi malam.
(b) Pebulutangkis berwajah tampan itu memenangkan pertandingan melawan Lin Dan tadi malam.


--
dari  Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah  
 

Peristiwa-Peristiwa Alam yang Mempengaruhi Kehidupan Sosial


1. Gempa Bumi
Gempa bumi merupakan gerakan atau goncangan bumi karena
tekanan-tekanan dari dalam bumi. Kamu mungkin pernah merasakannya.
Gempa bumi ada yang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi ataukarena aktivitas gunung berapi. Ada pula karena tanah runtuh dan benda-benda langit yang jatuh.
Gempa bumi yang terjadi di negara kita ada yang berskala kecil ada yang berskala besar. Skala yang sering digunakan adalah skala Richter.
Gempa bumi yang berukuran 2 atau kurang pada skala Richter mungkin tidak terasa. Namun bila ukurannya mencapai 7 atau lebih, kerusakan akan terjadi. Gempa yang berskala besar dapat menyebabkan kerusakan rumah atau gedung, tanah retak dan menimbulkan korban jiwa.
Agar gempa bumi yang terjadi tidak menimbulkan kerusakan besar dan korban jiwa perlu dilakukan antisipasi. Rumah dan gedung harus dirancang supaya tahan gempa. Sistem pengamanan pun harus disiapkan dengan baik. Sehingga bila sewaktu-waktu terjadi gempa dan tsunami masyarakat bisa segera diamankan.

2. Gunung Meletus
Mengapa gunung dapat meletus? Di dalam perut bumi terdapat cairan panas yang disebut magma. Bila tekanan cairan ini naik terus akan membuat cairan ini naik ke atas dan keluar melalui kawah gunung. Terjadilah gunung meletus.
Gunung yang meletus dapat menyebabkan berbagai kerusakan baik kerusakan jalan, rumah sawah, ataupun hutan. Namun  setelah beberapa tahun kemudian tanah yang terkena letusan gunung menjadi subur. Bila masyarakat yang terdapat di sekitar gunung meletus tidak segera diungsikan dapat mengakibatkan korban jiwa.

3. Banjir atau Air Bah
Banjir biasanya terjadi pada musim penghujan. Kamu tentu pernah melihat di televisi, bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia.
Jakarta termasuk kota yang tiap tahun terjadi banjir. Pada dasarnya banjir disebabkan oleh:
a. Hujan yang sangat deras
b. Kerusakan bendungan dan gempa bumi
c. Tersumbatnya saluran air dan sungai karena timbunan sampah
d. Gunung yang gundul sehingga tidak ada akar tanaman yang menahan arus air saat hujan Banjir sering terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. 

Kebisaan membuang sampah ke sungai atau saluran air dan menebang hutan sembarangan dapat menyebabkan banjir. Hutan yang gundul, saat hujan juga dapat menyebabkan tanah longsor. Banjir dapat membawa akibat buruk, yakni:
a. Kerusakan lahan pertanian
b. Kerusakan bangunan
c. Korban kematian dan luka
d. Muncul berbagai penyakit menular

4. Angin Topan.....



Selengkapnya tentang Peristiwa-Peristiwa Alam yang Mempengaruhi Kehidupan Sosial ... 

Istilah-istilah dalam bidang Matematika [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah]

Akar. Suatu operasi aljabar yang biasanya dinyatakan dengan simbol .
Bangun ruang. Bangun berdimensi tiga, karena mengandung tiga unsur, yaitu panjang, lebar, dan tinggi.
Bangun-bangun sebangun. Disebut juga bangun-bangun serupa, sama bentuknya.
Bangun yang sama bentuknya tidak tergantung pada besar atau kecilnya bangun.
Barisan bilangan. Mengurutkan bilangan-bilangan menurut suatu aturan tertentu.
Deret aritmatika. Deret hitung (penjumlahan suku-suku pada barisan aritmatika).
Deret geometri tak hingga. Deret geometri yang banyak sukunya tak hingga.
Deret geometri. Deret ukur (penjumlahan suku-suku pada barisan geometri).
Deret. Penjumlahan suku-suku suatu barisan.
Diagram batang. Diagram (gambar) yang disajikan dalam bentuk batang.
Diagram garis. Diagram (gambar) yang disajikan dalam bentuk garis.
Diagram lambang (piktogram). Diagram yang menyatakan suatu peristiwa dengan bantuan kenyataan yang disederhanakan atau diperkecil.
Diagram lingkaran. Diagram yang menggunakan daerah lingkaran untuk menggambarkan suatu keadaan.
Diagram. Gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan sesuatu.
Diameter. Garis tengah lingkaran.
Frekuensi kumulatif. Frekuensi yang dijumlahkan.
Frekuensi. Kekerapan (seringnya muncul suatu data).
Interval. Nilai selisih antara batas bawah dan batas atas yang menentukan suatu kelas.
Isi/volume. Ukuran bangun ruang.
Jari-jari. Garis lurus dari titik pusat ke keliling lingkaran.
Kerucut. Benda (ruang) yang beralas bundar dan meruncing sampai ke satu titik.
Kongruen. Sama dan sebangun.
Lingkaran. Tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama dengan satu titik tertentu.
Mean. Rata-rata.
Median. Ukuran (nilai) tengah dalam suatu kelompok ukuran setelah data diurutkan.
Modus. Nilai yang sering muncul.
Pangkat. Perkalian berulang dengan faktor-faktor yang sama.
Range. Sebaran, selisih antara angka data tertinggi dengan angka data yang terendah.
Rasio. Perbandingan.
Statistik. Kumpulan data, baik bilangan maupun nonbilangan yang disusun dalam tabel atau diagram yang menggambarkan atau melukiskan suatu masalah.
Statistika. Pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan data dan penganalisaan yang dilakukan.
Tabel. Daftar.


 Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah

Latihan soal Matematika SMP kelas 9 dari Bank Soal untuk menghadapi Ujian dan try out

Latihan soal Matematika SMP kelas 9 dari Bank Soal untuk menghadapi Ujian sekolah ujian nasional (unas) dan try out


1. Tentukan pasangan bangun berikut kongruen atau tidak, dan tentukan alasannya.
a. Dua buah persegi
b. Sepasang segitiga sama sisi
c. Sepasang segitiga sama kaki
d. Sepasang lingkaran
e. Sepasang persegi panjang

2. Diberikan segitiga siku-siku dengan ukuran sisi siku-siku berikut ini.
Berikan kesimpulan kalian.
a. 6 cm dan 8 cm serta 3 cm dan 5 cm
b. 9 cm dan 15 cm serta 24 cm dan 18 cm.

3. Dalam Δ KLM dan Δ XYZ, diketahui KL = 10 cm, LM = 16 cm, KM = 12 cm, YZ = 24 cm, XY = 15 cm, dan YZ = 18 cm. Mengapa kedua segitiga itu sebangun? Sebutkan pasangan-pasangan sudut yang sama besar.
4. Diketahui Δ KLM dan Δ XYZ dengan ∠ Κ = ∠ Z, ∠ M = ∠ Y, KL = 10 cm, KM = 12 cm, XZ = 15 cm dan XY = 24 cm.
a. Gambarlah kedua segitiga itu. Apakah keduanya sebangun?
b. Tulis perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
c. Carilah panjang sisi ML dan YZ.

5. Gambar sebuah rumah diketahui tinggi pintu 3,5 cm, sedangkan tinggi pintu sebenarnya adalah 2,1 m. Berapakah skala pada gambar tersebut?

6. Diketahui persegi ABCD panjang sisi 8 cm. Titik Q terletak di dalam persegi sehingga Δ ABQ dengan sama kaki dan ∠ QAB = 150o. Hitunglah panjang QC.

7. Kios yang tingginya 3 m pada suatu foto tampak setinggi 5,4 cm dan lebar 7,2 cm. Tentukan lebar kios sebenarnya.
10. Tinggi Pak Ali 175 cm. Pada suatu siang Pak Ali berdiri di halaman.
Karena sinar matahari, bayangan Pak Ali 12 cm. Jika di samping Pak Ali ada tongkat yang panjangnya 23 cm, berapakah panjang bayangan tongkat tersebut?

8. Selidiki apakah segitiga-segitiga dengan ukuran di bawah ini sebangun dengan segitiga yang sisi-sisinya 10 cm, 8 cm, dan 6 cm.
a. 15 cm, 20 cm, dan 25 cm
b. 24 cm, 32 cm, dan 40 cm
c. 9 cm, 12 cm, dan 14 cm

9. Diketahui Δ ABC dan Δ PQR sebangun dengan ∠ A = 31o, ∠ B = 112o, ∠ P = 37o dan ∠ Q = 31o.
a. Tentukan ∠ C dan ∠ R.
b. Apakah Δ ABC ~ Δ PQR? Jelaskan.
c. Pasangan sisi-sisi mana yang sebanding?

10. Diberikan trapesium ABCD mempunyai sisi AB // CD. Diagonal-diagonalnya berpotongan di E.
a. Buktikan bahwa Δ ABE ~ Δ CED.
b. Jika AB = 25 cm dan CD = 17 cm, tentukan AE : EC.

11. Sebuah gedung mempunyai bayangan 75 m di atas rumah permukaan tanah, sedangkan sebatang pohon, tingginya 9 m mempunyai bayangan 15 m. Tentukan tinggi gedung tersebut.

12. Tepi sebuah jendela mempunyai ukuran 100 cm dan lebar 70 cm. Jika tepi luar dan dalam jendela sebangun dan diketahui panjang tepi dalam jendela 135 cm, berapa lebar tepi dalam jendela?
13. Sebuah tiang listrik terkena sinar matahari sehingga terbentuk bayangan.
Tiang tersebut diberi kawat dengan jarak 2,5 m dan membentuk bayangan 1,75 m. Berapa tinggi tiang listrik jika bayangan yang terbentuk 3,25 m?

14. Seorang anak yang tingginya 1,4 m berdiri pada jarak 6 m dari tiang lampu.
Jika panjang bayangan anak itu oleh sinar lampu adalah 4 m, berapakah tinggi tiang lampu sebenarnya?

16. Diketahui panjang apotema sebuah kerucut 10 cm dan jari-jari alasnya 6 cm. Hitunglah luas sisi kerucut.
17. Jari-jari alas suatu kerucut 7 cm dan tingginya 32 cm. Hitunglah luas permukaan kerucut

18. Suatu kerucut dibentuk dari selembar seng yang berbentuk setengah lingkaran yang berdiameter 14 m. Hitunglah:
a. jari-jari alas,
b. tinggi kerucut.

19. Nasi tumpeng dengan tinggi 40 cm dan jari-jari alas 10 cm di potong ujung atasnya setinggi 8 cm dengan volume 150 cm3. Hitunglah:
a. Luas minyak yang digunakan untuk melapisi tumpeng setelah dipotong.
b. Volume tumpeng setelah dipotong.

20. Suatu kerucut dengan tinggi t dan jari-jari r, terpancung pada tinggi t 1/4 dari puncak kerucut. Tentukan perbandingan volume kerucut dengan tinggi t, volume kerucut kecil, dan volume kerucut terpancung. Apa yang dapat kalian simpulkan?

21. Hitunglah luas selimut dan volume dari bola dengan diameter 3,5 cm.
2. Hitunglah jari-jari bola jika volume bola:
a. 376,59 cm3,
b. 43,699 cm3.

22. Hitunglah diameter bola jika luas seluruhnya:
a. 526,3 cm2,
b. 37,26 cm2.

23. Sebuah mangkuk setengah lingkaran dengan r = 16 cm. Mangkuk itu diisi air sampai penuh. Kemudian, air tersebut dituang ke dalam kaleng berbentuk silinder dengan jari-jari sama dengan jari-jari bola. Ternyata air tersebut tepat memenuhi tabung. Berapa tinggi tabung itu?

24. Sebuah pensil  dengan panjang berbentuk tabung 10 cm, ujung berbentuk kerucut dengan panjang 2 cm, dan jari-jari 0,5 cm.
Hitunglah luas permukaan dan volume pensil tersebut.

25. Jari-jari sebuah bola adalah 21 cm. Jika jari-jari bola yang lain x, dengan x lebih panjang dari jari-jari bola pertama dan volume bola kedua 49.347 cm3. Tentukan:
a. jari-jari bola kedua (x),
b. seluruh volume kedua bola.

26. Jari-jari sebuah kerucut 5 cm tinggi 17 cm. Sebuah kerucut lain dengan jari-jari lingkaran alasnya 2/3 dari jari-jari lingkaran alas kerucut pertama dan tinggi 1/3 dari kerucut pertama. Tentukan:
a. perbandingan volume kedua kerucut,
b. selisih volume kedua kerucut.

27. Sebuah kerucut dengan tinggi h dan jari-jari r, di dalamnya terdapat lubang yang berbentuk kerucut dengan jari-jari 1/2 r dan tinggi 1/2 h. Berapakah luas permukaan tabung tersebut?
28. Tabung dengan tinggi t = 9 cm. Diisi dengan air sampai penuh. Setelah air dipakai maka volume air menjadi 4/3 dari volume semula. Jika Lata ingin memindahkan air yang tersisa ke tabung lain sehingga penuh, berapa jari-jari tabung tersebut?
29. Sebuah kue tart berbentuk silinder dengan diameter 18 cm dan tinggi 25 cm. Kue tersebut diselimuti coklat sehingga volumenya menjadi 11.012,53 cm3. Hitunglah jari-jari kue setelah dilapisi coklat.
30. Diberikan kerucut dengan diameter 14 cm dan tinggi 19 cm. Agar sebuah bola dengan jari-jari 7 cm dapat masuk ke dalam kerucut sehingga menyinggung selimut dan alas kerucut, maka bola diperkecil. Hitunglah diameter bola yang dikecilkan dan perbandingan volume bola sebelum dengan sesudah dikecilkan?
31. Sebuah pipa mempunyai panjang 3,5 m, jari-jari luar 7 cm, dan jari-jari dalam 4,5 cm. Berapa volume pipa tersebut?
32. Sebuah bandul berbentuk kerucut dengan jari-jari alasnya 7 cm dan tingginya kerucut 24 cm. Hitunglah:
a. luas bandul,
b. berat bandul, jika 1 cm3 = 5 gram.

33. Selimut dari sebuah kerucut dibuat dari karton berbentuk setengah lingkaran. Jika luas karton 77 cm2. Hitunglah:
a. jari-jari alas kerucut,
b. luas kerucut.
34. Perbandingan luas kulit bola dari dua buah bola berturut-turut adalah
L1 : L2 = 1 : 9. Berapakah perbandingan volume kedua bola tersebut?

35. Bangun ruang apakah yang memiliki sebuah bidang (sisi) lengkung, tetapi tidak mempunyai titik sudut maupun rusuk?

36. Panitia suatu acara akan membuat tenda berbentuk kerucut (tanpa alas) dari kain parasut. Tenda yang akan dibuat memiliki diameter 14 m dan tinggi 9 m. Apabila biaya pembuatan tenda tiap m2 adalah Rp12.000,00, berapakah biaya yang harus disediakan untuk membuat tenda itu?
37. Jika panjang jari-jari kerucut A adalah 2 kali panjang jari-jari kerucut B dan tinggi kerucut A sama dengan tinggi kerucut B, berapakah volume kerucut A dengan volume kerucut B?
38. Volume sebuah kerucut sama dengan volume sebuah bola. Jika panjang jari-jari alas kerucut sama dengan panjang jari-jari bola, yaitu r, dan tinggi kerucut adalah t, berapakah t?

39. Dari data-data berikut ini, manakah yang merupakan data kualitatif dan manakah yang merupakan data kuantitatif?
a. Banyak korban bencana banjir di Sulawesi Selatan.
b. Makanan kesukaan siswa kelas IX SMP Budi Luhur.
c. Jenis olahraga yang paling digemari.
d. Ukuran sepatu siswa kelas VII SMP Budi Luhur.
e. Nilai rata-rata hasil Ujian Akhir Nasional di SMP Bhinneka Nasional.

40. Lakukanlah pengumpulan data tentang berat badan teman-teman di kelasmu dengan cara mengukur, yaitu menimbang berat badannya.
41. Lakukanlah pengumpulan data tentang jenis olahraga yang paling digemari

42. Lakukanlah pengumpulan data tentang banyak saudara kandung yang dimiliki teman-teman di kelasmu dengan cara berikut ini.
a. Sebutlah angka dari 0 sampai 10 secara berurutan. Mintalah kepada teman sekelasmu untuk mengangkat jari tangannya jika angka yang kalian sebutkan sama dengan jumlah saudaranya.
b. Dengan cara membilang, kumpulkanlah data tersebut.

43. Diberikan data: 21, 24, 27, 24, 25, 29, 23, 21, 27, 24, 21, 21, 25.
Setiap nilai data tersebut ditambah 4 kemudian dibagi 3. Carilah statistik ekstrim dan jangkauan data baru.

44. Hasil pengukuran berat badan dari 20 siswa SMP maju sebagai berikut.
37 40 45 40 38 45 44 44 35 40
35 44 37 40 45 35 44 38 37 40
Buatlah tabel frekuensi kemudian tentukan jangkauannya.

45. Urutkanlah setiap data berikut ini, kemudian tentukanlah nilai terbesar, nilai terkecil, dan jangkauan data tersebut.
a. 4 3 7 6 5 4 8 1 7 6
b. 8 9 10 10 12 6 13 15 7 8
c. 14 15 20 18 15 16 14 22 20 15 14 13
d. 24 20 16 17 25 30 34 32 36 24 20 17
e. 25 30 40 35 23 30 36 42 40 26 27 24

46. Diketahui suatu data: x1, x2, x3, ... xn. Jika dibuat data baru dan setiap data dikalikan dengan k dan ditambah t, berapakah nilai terkecil, nilai terbesar, serta jangkauan data yang baru?
47. Buatlah kesimpulan apa yang kalian peroleh setelah mengerjakan soal-soal di atas.

48. Tentukan jangkauan dan rata-rata data tunggal 4, 6, 2, 7, 11, 3.
49. Jumlah maksimum ekspor kepala sawit suatu negara sebesar 56.000 ton dan jumlah minimumnya 31.550 ton. Berapakah range dari ekspor kelapa sawit tersebut?
50. Tentukan rata-rata hitung dari data:
a. 6, 5, 9, 7, 8, 8, 7, 6
b. 6, 8, 5, 1, 6, 8, 5, 9, 6, 6, 8, 7

51. Setelah dilakukan ujian matematika, diperoleh nilai sebagai berikut.
7, 8, 9, 6, 8, 6, 9, 7, 8, 9
10, 5, 7, 9, 8, 6, 6, 8, 9, 7
7, 6, 9, 8, 7, 6, 8, 9, 6, 8
Jika siswa yang dinyatakan lulus adalah yang mempunyai nilai di atas rata-rata, tentukan jumlah siswa yang tidak lulus.

Selengkapnya di Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah 

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Apa yang dimaksud dengan komunikasi? Komunikasi merupakan kegiatan mengirim dan menerima pesan. Kita berbicara dengan temanmu merupakan contoh komunikasi. Sejak kapan manusia berkomunikasi? Sejak zaman dahulu orang sudah biasa mengadakan komunikasi dengan orang lain. Baik yang berdekatan maupun yang berjauhan tempat tinggalnya. Apakah komunikasi hanya dengan bicara? Tentu saja tidak. Menyampaikan pesan bisa dengan bicara/lisan, tulisan dan bisa juga dengan isyarat. Mengirim pesan lewat surat merupakan contoh komunikasi dengan tulisan. Contoh pesan dengan isyarat adalah dengan menggunakan bendera, peluit, lampu ataupun asap.

a. Komunikasi lisan
Ketika teknologi belum berkembang seperti sekarang, orang kesulitan berkomunikasi secara lisan dengan orang yang letaknya jauh.
Mereka haruslah bertemu terlebih dahulu. Namun kini kita sangat mudah melakukan komunikasi lisan meskipun letaknya berjauhan. Kita dapat berbicara secara langsung kepada orang yang letaknya jauh melalui pesawat telepon. Kemudian dengan kemajuan teknologi semakin banyak tercipta alat-alat komunikasi yang canggih seperti radio, televisi dan internet.
Bahkan sekarang dengan teknologi satelit, komunikasi jarak jauh dapat dilakukan tanpa kabel. Yakni dengan alat yang dinamakan telepon seluler.

b. Komunikasi tertulis
Komunikasi tertulis melalui surat dari dulu sampai sekarang masih dilakukan orang. Sebelum ditemukan kertas, biasanya orang menulis surat pada daun, pelepah pohon atau kulit batang. Surat diantar oleh seorang kurir (pengantar surat). Pada masa lalu mereka mengantar surat dengan berjalan kaki atau menunggang kuda.
Masyarakat masa kini menulis di atas kertas dengan cara tulis tangan atau diketik. Surat dapat kita kirim ke tujuan yang jauh tempat tinggalnya melalui kantor pos. Cepat atau lambatnya pengiriman tergantung pada biaya atau perangko yang diberikan. Dengan berkem-bangnya teknologi sekarang kita pun dapat mengirim surat lewat faksimile. Faksimile merupakan mesin cetak/fotocopy jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan telepon. Dengan faksimile surat dapat diterima salinannya secara langsung.
Alat komunikasi tertulis lainnya adalah koran, majalah dan buku yang disebut sebagai media cetak. Telepon genggam dan internet juga dapat dimanfaatkan untuk mengirim pesan tertulis yang disebut dengan SMS (Short Message Service) dan e-mail atau surat elektronik.

c. Komunikasi melalui isyarat
Komunikasi dengan isyarat tidak hanya dilakukan manusia di masa lalu. Masyarakat masa lalu biasa menggunakan kentongan, bedug, lonceng ataupun asap. Masyarakat masa kini juga masih menggunakan alat-alat tersebut. Namun penggunaanya kadang ditambah dengan alat pengeras suara. Sekarang juga banyak digunakan sirine, alarm, dan lampu sebagai alat komunikasi isyarat.

Penemu Telepon, Radio, dan Televisi [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah]

Penemu Telepon adalah Alexander Graham Bell (1847-1922).
Ia adalah seorang ilmuwan Skotlandia warga negara Amerika Serikat. Ia seorang guru bagi siswa tuna rungu, guru besar Universitas Boston. Selain telepon ia juga penemu alat telegraf, fotofon, piringan hitam, audiometer, dan beberapa penemuan penting lain.

Penemu radio adalah Markis Glugielmo Marconi (1874-1937).
Ia seorang ahli fisika yang juga penemu antena dan mendirikan perusahaan telegraf tanpa kawat.

Orang pertama yang melakukan penelitian tentang televisi adalah John Logie Baird (1888-1946). Tahun 1927 perusahaan pengembangan televisi Baird dibentuk. Tahun 1928 pemancar televisi gelombang pendek dioperasikan dari London (Inggris) menuju New York (Amerika Serikat).

dari Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah


Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang – orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini

Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang – orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini

by Afandi
Beberapa bulan yang lalu, aku menulis, bahwa akan sia-sia apa yang diusahakan orang yang telah berbuat curang, (dengan mengurangi timbangan, menekan dan memanfaatkan kebaikan orang, menambahkan angka timbangan saat menjual, dan mengurangi angka timbangan saat membeli). Aku pikir, sia-sianya perbuatan itu akan terjadi saat mati atau setelah mati, atau paling tidak saat lemah dan renta, [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
Afandi | 2012/02/04 pada 06:43 | Tag: Agama, Nasehat, Pengembangan Diri | Categories:Agama, Nasehat |
Komentar    See all comments

Alat Peredaran Darah Manusia

Darah merupakan cairan yang berfungsi menghantarkan zat-zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Ketika kamu bernapas, kamu menghirup oksigen. Oksigen dialirkan oleh darah dari paru-paru ke jantung, kemudian ke seluruh tubuh. Selain itu, darah menjaga tubuh kita dari kuman-kuman penyakit.

1. Darah
Kamu telah mempelajari bahwa darah mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuhmu.
Apakah darah itu? Jika kamu terluka, biasanya tubuh mengeluarkan darah yang berwarna merah. Apakah  darah hanya berwarna merah? Ternyata darah yang kamu lihat adalah cairan yang di dalamnya terdapat milyaran sel-sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).
Volume darah seseorang yang sehat adalah 1/13 dari berat tubuhnya. Berapakah berat tubuhmu? Hitung volume darah yang terdapat dalam tubuhmu.

2. Penggolongan Darah
Apakah golongan darahmu? Golongan darahhttp://www.bukupr.com/search/label/Kesehatan dibagi menjadi golongan A, B, AB, dan O. Golongan darah O disebut donor universal karena dapat mendonorkan darah kepada semua orang dengan golongan darah lain. Golongan darah AB disebut resipien universal karena dapat menerima darah dari golongan darah A, B, AB, dan  O. Donor adalah orang yang memberi darah, sedangkan resipien adalah orang yang menerima darah.


3. Pembuluh Darah
Pembuluh darah adalah saluran yang dilalui darah. Pem buluh darah ada tiga, yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler.
a. Pembuluh Nadi (Arteri)
Darah yang keluar dari jantung akan melalui pembuluh nadi. Darah yang keluar dari jantung tersebut banyak mengandung oksigen.
b. Pembuluh Balik (Vena)
Pembuluh balik merupakan pembuluh yang membawa atau mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.
c. Pembuluh Kapiler
Pembuluh darah yang sangat halus dengan dinding yang sangat tipis dan berpori. Pembuluh ini merupakan bagian ujung dari pem buluh arteri dan vena. Pembuluh halus berfungsi sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida.

4. Jantung



--
 dari Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah 

Sifat-sifat cahaya dan Bagian-bagian mata

• Sifat-sifat cahaya: dapat merambat lurus, dapat menembus benda bening, dapat dipantulkan, dan dapat dibiaskan.

Pemantulan ada 2 macam, yaitu pemantulan teratur dan pemantulan tidak teratur atau baur.

• Bagian-bagian mata, yaitu:
a. kornea mata, berfungsi untuk melindungi mata bagian dalam;
b. iris, berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata;
c. pupil atau celah (lubang yang terdapat pada iris), berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya;
d. lensa mata, dapat berakomodasi. Jika melihat benda jauh, lensa mata akan memipih. Jika melihat benda dekat, lensa mata menebal;
e. retina, merupakan tempat terbentuknya bayangan yang akan dikirim ke saraf.

Kelainan atau gangguan pada mata yaitu rabun jauh, rabun dekat, presbiopi, dan astigmatisma.
• Macam-macam alat optik: mata, kamera foto, lup, teropong, dan periskop.

Selengkapnya tentang Cahaya dan Alat Optik


dari Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah

Kelainan atau Gangguan pada Mata

Manusia memiliki mata di sebelah kiri dan kanan. Kehilangan atau kerusakan salah satu bola mata dapat mengganggu penglihatan. Beberapa kelainan atau gangguan pada mata serta faktor penyebabnya adalah sebagai berikut.

1) Rabun Jauh (Miopi)
Miopi disebabkan jarak titik api lensa mata terlalu pendek atau lensa mata terlalu cembung. Titik api adalah pusat pertemuan sinar yang sudah dipecah oleh lensa. Jadi, sinar yang masuk jatuh di depan retina sehingga mata tidak dapat melihat benda jauh.
Untuk menolong penderita miopi (rabun jauh) harus menggunakan kacamata dengan lensa cekung (negatif). Lensa cekung ini akan menempatkan bayangan tepat pada retina.

2) Rabun Dekat (Hipermetropi)
Rabun dekat disebabkan lensa mata terlalu pipih. Titik api lensa berada di belakang retina sehingga mata tidak dapat melihat benda-benda yang dekat. Jadi, penderita hipermetropi harus menggunakan kacamata berlensa cembung. Dengan lensa cembung, sinar yang jatuh di belakang retina akan dikembalikan tepat pada retina.

3) Presbiopia (Mata Tua)
Presbiopi adalah kelainan pada mata yang disebabkan oleh faktor usia sehingga daya akomodasi matanya berkurang. Penderita ini tidak dapat melihat benda dekat dan tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas. Penderita ini harus menggunakan kacamata berlensa cekung dan cembung sekaligus.

4) Astigmatisma
Astigmatisma adalah kelainan mata yang dise bab kan kelengkungan kornea matanya yang tidak berbentuk bola sehingga sinar-sinar yang masuk tidak terpusat sempurna. Akibatnya, benda yang dilihat ada bayangannya. Penderita ini dapat dibantu dengan kacamata berlensa silindris.

Hal-hal yang dapat kita lakukan agar mata tetap sehat, di antaranya sebagai berikut.
a. Mengatur jarak baca (minimal 30 cm);
b. Menonton televisi jangan terlalu dekat;
c. Membaca di ruangan yang terang karena jika kita membaca di tempat yang kurang terang, pupil mata mu akan melebar dengan kuat sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kelelahan pada mata;
d. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, seperti wortel.

EMAK (Contoh CERPEN) dari Bukupr.com

EMAK (Contoh CERPEN) dari Bukupr.com


Emakku adalah sosok wanita yang kukagumi di dunia ini. Dia sangat sabar. Apalagi menghadapi kelakuan Mbak Ika, yang satu tahun belakangan ini mulai memburuk padanya semenjak ditinggal Bapak. Kerjanya setiap hari hanya marah dan marah melulu. "Ratih...Ratih....Bangun!" teriak Mbak Ika. Kulihat jam dinding masih menunjukkan angka 4, ya, pagi. "Malas," jawabku ogah-ogahan sambil merapatkan kembali selimut. "Ayo bangun! Jangan malas-malasan begitu," [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
Afandi | 2012/02/02 pada 15:44 | Tag: Bahasa Indonesia, Cerita | Categories: Cerita, Cerpen |
Komentar    See all comments
busana muslim busana muslim Blus terbaru

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Tampil di blog ini