PROSES PEMBUATAN KABEL

Mesin Extruder
Proses mesin Extruder adalah proses pembungkusan tembaga (St. wire dengan menggunakan insulator dari bahan PVC berwarna atau PVC dengan Color Batch sehingga menjadi kabel dengan bentuk gulungan (coil).
Adapun urutan warna terang ke warna gelap adalah sebagai berikut:
White (W) → Yellow (Y) → Light Green (Lg) → Sky Blue (Sb) → Pink (P) → Orange (O) → Grey (Gy) → Brown (Br) → Re (R) → Violet (V) → Green (G) → Blue (L) → Black (B)
Proses mesin Extruder dapat digambarkan secara sederhana sebagai berikut:
Hal-hal yang perlu diperhatikan diproses Extruder antara lain:
· Joint
Permasalahan ini terjadi ketika ganti supply (reel) pada type AVSS dan kedua supply tersebut di joint dengan menggunakan mesin Butt Welder
· Marking
Permasalahan marking terjadi apabila marking tidak bisa dibaca/miring (jenis marking LETTER, DOT, LR, SS) dan marking tidak sambung atau hilang satu (jenis mariking Ring)
· OD
Hal ini terjadi apabila Outside Diameter dari kabel yang dihasilkan keluar dari spesifikasinya (High maupun Low)
· Spark
Hal ini dikarenakan karena tembaga dalam kabel dapat terdeteksi oleh spark tester sh terlihat. Penyebab defect ini dikarenakan serbuk tembaga (Copper Dust), PVC gosong (PVC Burn), kabel berlubang (Pinhole), Dan lain-lain.
· Lump
Hal ini dikarenakan PVC pada kabel menggumpal baik kedalam maupun keluar. Adapun penyebabnya PVC mentah ( Kneding ), PVC menggumpal (PVC Clog ), gelembung udara ( Air Blister ), dan lain-lain.
· Color (PVC utama maupun Stripe)
Hal ini dikarenakan PVC tercampur dengan warna lain atau sisa dari warna sebelumnya, pencampuran antara PVC dengan Color Batch tidak rata.
· Minimun Thickness
Hal ini merupakan hasil pengukuran insulation dari kabel tertentu di bawah spek Minim. Kasus ini biasanya dikarenakan pemasangan Cross Head yang miring maupun kotor.
Keterangan : t = Insulation Thickness
D = Diameter konduktor
d = Diameter elemen wire
· Diameter elemen
Hal ini dikarenakan diameter elemen dari St. Wire kena tension terlalu besar pada mesin ( Drawing ~ Extruder )
· Copper gosong
Hal ini dikarenakan St. Wire mengalami perubahan warna pada proses annealing maupun lama tidak dipakai.
· Stripe Widht (lebar Stripe)
Hal ini dikarenakan setting dari bagian stripe terlalu kecil atau besar sehingga hasil pengukuran dari stripe tersebut diluar standar.
Bentuk dari Stripe Width sebagai berikut :
S W = Stripe Width
· Jumping
Hal ini dikarenakan St. Wire yang dipakai oleh Extruder jumping atau point Extruder yang dipakai tidak standar.
· Apperarance (tampak Luar)
Yang dicek antara lain :
a. Warna ( utama maupun stripe )
b. Visual untuk main maupun stripe ( halus atau kasar )
c. Marking



Blus Sijak - Batik Indonesia Terbar...
Batik Shino - Fashion Batik Kerja
Blus Lotsi - Batik Java
Batik Tulis Fashion.
Batik Indonesiaku.

Takbiran Idul Fitri Dan Idul Adha Dalam Bahasa Arab Dan Teks Latin

Berikut dibawah ini adalah bacaannya :
  
اللهُ اكبَر كَبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا, لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه, مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن, وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون, وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن, وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن, لاالهَ 
اِلا اللهَ وَحدَه, صَدَق ُوَعْدَه, وَنَصَرَ عبْدَه, وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه, لاالهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُ وَِللهِ الحَمْد

Allaahu akbar kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa,...
wasubhaanallaahi bukrataw - wa ashillaa.
Laa - ilaaha illallallahu walaa na'budu illaa iyyaahu mukhlishiina lahuddiin walau karihal - kaafiruun, walau karihal munafiqun, walau karihal musyrikun. Laa - ilaaha - illallaahu wahdah, shadaqa wa'dah, wanashara 'abdah, - wa - a'azza - jundah, wahazamal - ahzaaba wahdah. Laa - ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar walillaahil - hamd.

Yang Artinya :

Allah maha besar dengan segala kebesaran,
Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya,
Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore.
Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya.
Tiada Tuhan selain Allah dengan ke Esaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan ke Esaan-Nya.
Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar. Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.

BACAAN LENGKAP TAKBIRAN IDUL FITRI DAN IDUL ADHA DALAM BAHASA ARAB DAN TEKS LATIN, semoga bermanfaat

TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI

Permainan dan olahraga tidak dapat dipisahkan. Hal tersebut dikarenakan keduanya merupakan aktivitas fisik. Permainan adalah kegiatan fisik yang dilakukan tanpa paksaan. Menurut para ahli, sifat dari permainan ini dapat memengaruhi kepribadian dan kehidupan manusia. Sementara itu, olahraga adalah aktivitas fisik yang terorganisasi untuk mencapai tujuan tertentu.

BOLA Voli

Permainan bola voli adalah permainan yang menggunakan alat. Oleh sebab itu, pergunakan peralatan yang memadai untuk keselamatan, antara lain pakaian (kaus dan celana), sepatu dan kaus kaki, serta dekker untuk lutut.

Permainan bola voli merupakan salah satu permainan beregu bola besar. Permainan ini dimainkan di lapangan yang berbentuk persegi panjang. Setiap regu atau tim terdiri atas 6 pemain. Tim yang berhadapan dipisahkan oleh net atau jaring. Permainan ini sangat menyenangkan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilanmu, kamu harus mengetahui asal usul permainan ini. Berikut adalah sejarah permainan bola voli.

Permainan bola voli diciptakan oleh William C. Morgan, tahun 1895. Morgan adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA) di kota Hoyoke, Amerika Serikat. Permainan ini memiliki tujuan awal untuk mengembangkan kebugaran jasmani.

Permainan bola voli merupakan pengembangan dari permainan bola basket. Namun, bola basket dianggap menghabiskan tenaga yang cukup besar. Selain itu, permainan bola basket hanya dapat dilakukan oleh para pemuda saja. Sementara itu, bagi orang tua permainan bolabasket tersebut sangat melelahkan.

Suatu saat, Morgan mencoba menciptakan sebuah permainan yang lebih ringan. Misalnya, dengan menggunakan bola yang ukurannya lebih kecil daripada ukuran bola basket. Akhirnya, ia pun menemukan permainan tersebut, kemudian dinamakan mintonette, artinya bola pantul. Tahun 1896 nama mintonette diganti oleh Alfred T. Halstead dengan nama volley ball yang artinya melambungkan bola.

Setelah diujicobakan, permainan tersebut ternyata sangat digemari masyarakat. Oleh karena itu, dibentuklah badan pervolian dunia. Badan tersebut dikenal dengan FIVB (Federation Internationale de Volley Ball).

Di Indonesia, tanggal 22 Januari 1955 didirikan suatu badan pervolian. Badan tersebut dinamakan PBVSI. PBVSI kepanjangan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Saat itu bersamaan dengan kejuaraan nasional pertama. Sejak saat itu juga, permainan voli semakin berkembang. Dengan perkembangannya itu, permainan voli menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON II (Pekan Olahraga Nasional) di Jakarta.

1. Peraturan permainan bola voli
2. Peraturan pertandingan bola voli
3. Teknik dasar permainan bola voli

KASUS IBU PENDERITA KANKER PAYUDARA untuk diskusi psikologi perawat

KASUS IBU PENDERITA KANKER PAYUDARA

Ada sebuah keluarga yang berbahagia dengan dua anak yang mulai tumbuh menjadi remaja, namun kebahagiaan itu seolah-olah pupus dengan diketahuinya bahwa ibu mereka yang berusia 45 tahun telah divonis dokter menderita penyakit kanker payudara stadium dua. Hari-hari yang ada saat ini hanyalah air mata saja sebab ibu tersebut oleh dokter untuk sementara waktu diharuskan tinggal di rumah sakit dalam proses penyembuhan melalui Kemotherapi, namun usaha ini gagal karena bibit kanker seolah-olah tidak kompromi lagi sehingga hampir saja menjalar ke payudara satunya, sementara alternatif lain adalah pengangkatan salah satu payudaranya agar bibit kanker tidak menjalar ke bagian tubuh lain. Ibu tersebut mengalami dilema yang tak kunjung habis, di pihak satu, ia dapat sembuh namun di pihak lain payudaranya harus diambil. Akhirnya terdapat kesepakatan bersama antara ia, suami dan ke dua anak mereka, yaitu diputuskan untuk mengoperasi payudara ibu tersebut dengan mengangkat salah satu payudaranya, hal ini menimbulkan shock berat pada ibu tersebut.
 Ibu tersebut sebenarnya harus bersyukur karena suaminya memiliki pemahaman yang baik terhadap beliau namun ibu ini cenderung selalu berpikiran negatif terhadap suami dan kedua anaknya, dan timbul rasa cemas, ketakutan untuk menghadapi realita yang ada, karena ia takut ke dua anaknya malu, suaminya berselingkuh atau meninggalkannya.
 
     DISKUSI :
1. Bagaimana anda sebagai seorang perawat jika menghadapi pasien seperti Ibu tersebut, saran apa yang diberikan pada dirinya ?
2. Bagaimana tinjauan dari aspek psiko sosialnya ? Jelaskan
3. Kesimpulan apa yang dapat diambil dari kasus tersebut, ditinjau dari segi psikologisnya ?


SELAMAT BEKERJA DAN SUKSES SELALU

PSIKOLOGI KESEHATAN - SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER   Mata  Ajaran :  PSIKOLOGI KESEHATAN

Sasaran :  Mahasiswa Prodi D-III Fisioterapi Tk.I Smt.I
Waktu      :  120 Menit
Sifat Ujian :  CLOSE BOOK
_____________________________________________________________

SOAL :
1. Hal-hal apa saja yang mempengaruhi Perilaku Sehat dalam diri seseorang, berikan contoh konkret dalam kehidupan sehari-hari.
      ( Nilai Max : 15 )
2. Salah satu aliran dalam Psikologi adalah Aliran Behavioristik, bagaimana prinsip dasar aliran tersebut dan berikan contoh yang konkret dalam kaitannya dengan seorang Fisioterapis.
     ( Nilai Max : 15 )
3. Bagaimana prinsip konsep Perkembangan yang terjadi sepanjang kehidupan manusia, berikan penjelasan secara singkat dan jelas.
            ( Nilai Max : 20 )
4. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Gaya Hidup seseorang dan berikan penjelasan secara singkat disertai contoh konkretnya.
      ( Nilai Max : 20 )
5. Jelaskan secara singkat disertai contoh yang terkait dengan profesi Fisioterapis, salah satu Reaksi Kejiwaan yang dinamakan Defens Mechanism  yang berupa : Sublimasi, Proyeksi dan Rasionalisasi.
      ( Nilai Max : 15 )
6. Berikan opini anda mengenai penyebab seseorang memiliki persepsi salah tentang suatu hal tertentu, sehingga perilaku yang ditampakkan akan menyebabkan orang di sekitarnya menjadi tidak nyaman, dan berikan contoh konkretnya dalam kehidupan seorang Fisioterapis.
     ( Nilai Max : 15 )


SELAMAT BEKERJA & SUKSES SELALU

Contoh Kesimpulan dan Saran Hasil Wawancara promosi kerja

Kesimpulan - Dinamika Kepribadian

Dari hasil wawancara dengan klien yang bernama A  pada hari rabu,  Desember 2009 yang dilakukan selama 45 menit dapat diungkap dalam tiga aspek yaitu aspek inteligensi, aspek sikap kerja dan aspek kepribadian. Dalam aspek intelegensi saudara A  termasuk orang yang memiliki tingkat intelegensi rata-rata atas. Pada aspek sikap kerja ia tergolong orang yang pekerja keras dalam bekerja.  Dan dalam hal berkomunikasi dan bersosialisasi dengan rekan kerjanya mulai dari teman sejawat, serta bawahannya termasuk baik sekali, namun pada atasannya yang sekarang termasuk baik. Jiwa kepemimpinannya sangat bagus, hal ini dapat terlihat karena dalam keluarganya ia dituntut untuk memimpin adik-adiknya supaya menjadi orang yang baik, tegas dan sukses serta terlihat dari ketekunan ia untuk melatih dan membimbing karyawan bawahannya supaya jangan sampai melakukan kesalahan pada saat bekerja, karena kesalahan yang dilakukan oleh bawahannya juga menjadi tanggung jawab kinerjanya terhadap perusahaan. Dalam hal berpenampilan saat bekerja, ia berpakaian rapi dan sesuai dengan peraturan perusahaannya saat ini.
Dalam aspek yang terakhir, yaitu kepribadian pada saudara A termasuk pada tipe kepribadian yang menarik, baik, pintar membaca situasi yang akan dihadapi, tegas dan mudah mengambil keputusan, taat pada agama, ulet, pandai bergaul, sayang keluarga atau pasangan dan yang terpenting mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus sekali dalam mengatur organisasi, kinerja karyawan atau perusahaan nantinya. Tetapi dalam hal berpikir untuk memecahkan masalah ia sering menggunakan logika dan kurang memakai perasaannya sehingga lebih kurang banyak orang yang tersinggung dengan pemikiran serta perkataannya selama ini Dalam hal berkomunikasi secara verbal maupun non verbal kepada saya ia termasuk kategori yang bagus, karena ia dapat menyampaikan pesan secara jelas dan tepat saat wawancara berlangsung.

Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan bahwa saudara bernama A  disarankan untuk DIPROMOSIKAN sebagai MANAGER MARKETING di perusahaan ini. Hal ini dikarenakan saudara Arin telah memenuhi persyaratan dan memiliki kriteria-kriteria untuk bekerja sebagai Manager Marketing dan dapat terlihat dari aspek intelegensi, sikap kerja atau jiwa kepemimpinannya yang bagus, serta kepribadian yang dimilikinya termasuk kriteria yang baik, terutama dalam hal penampilan, intelegensi, pengetahuan, dan prestasi dalam kategori baik sehingga mendukung keberhasilan kinerjanya di perusahaan nantinya.

Transkip wawancara
Pembukaan
Aspek Inteligensi
Aspek Sikap Kerja
Aspek Kepribadian
Penutup



Praktikum wawancara promosi kerja Aspek Kepribadian

Aspek Kepribadian

T: Sikap apa yang Anda lakukan jika bawahan Anda tidak dapat memenuhi target kerja dan mengecewakan diri Anda?
J: Pertama yang pasti saya akan bertanya dengan bawahan saya, apa yang menyebabkan dia tidak dapat memenuhi target,  apakah mungkin dia ada masalah atau tidak, atau bahkan kemampuan dia yang sebenarnya tidak berada di bidang itu, tapi dibidang lain. Jadi yang saya harus lakukan adalah menempatkan dia diposisi yang tepat dengan kemampuannya dan mencari pengganti dia yang sama dengan kemampuannya.
T: Bisa diceritakan tentang kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki?
J: Kelebihan yang saya miliki adalah saya memiliki jiwa kepemimpinan yang besar dalam suatu organisasi, saya mempunyai pemikiran yang luas mengenai berbagai pengetahuan khususnya dalam menghadapi masalah, apalagi kan dalam keluarga saya kan anak pertama jadi saya dituntut untuk menjadi contoh yang baik untuk adek-adek saya serta membimbingnya supaya menjadi orang yang sukses nantinya, cepat mengambil keputusan, mudah bergaul, tegas, ulet, taat terhadap agama khususnya ALLAH SWT dan sayang terhadap keluarga khususnya pada pasangan nantinya… hehehe… (tertawa) tapi kalau kekurangan, saya terlalu berpikir menggunakan logika dan kurang memakai perasaan sehingga lebih kurang banyak orang yang tersinggung dengan pemikiran serta perkataan saya.
T: Ceritakaan tentang seberapa besar Anda dapat mengembangkan diri?
J: Saya dapat mengembangkan diri saya dengan baik, apabila dari diri saya sendiri mempunyai kemampuan yang kuat, ditambah motivasi serta dukungan dari keluarga maupun rekan-rekan saya.
T: Tolong gambarkan mengenai diri Anda
  dalam 5 tahun kedepan?
J: Saya akan menjadi sarjana Farmasi dan mengelolah apotek ya mungkin bekerjasama dengan tante saya yang bekerja dibidang farmasi juga
T: Bagaimana teman atau rekan kerja Anda menggambarkan kepribadian Anda?
 atau menjadi pengusaha sukses, dan pastinya saya sudah berkeluarga, amin…
J: Kata rekan kerja saya ini termasuk orang yang tegas dan cepat dalam mengambil keputusan, saya juga menjadi teman yang baik bagi mereka apabila teman-teman saya mengalami masalah sebisa mungkin akan saya bantu dengan sekuat tenaga saya.. (tersenyum…)
 T: Apa yang disukai teman mengenai Anda?
J: Sikap saya yang tegas sehingga banyak teman yang menginginkan saya untuk menjadi pemimpin di organisasi kampus…
T: Pekerjaan seperti apa yang paling Anda inginkan ?
J: Ya bekerja sebagai Manager Marketing di perusahaan ini  dan saya yakin bahwa saya mampu mengelolah perusahaan ini beserta kinerja karyawannya dengan sebaik mungkin


Pencarian artikel dalam blog ini

Berikut adalah kata yang digunakan dalam pencarian dan kemudian masuk ke dalam blog ini. Daftar ini juga sekalis sebagai daftar isi yang bisa digunakan untuk memudahkan dalam pencarian.

globalisasi http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/dampak-positif-dan-dampak-negatif.html
manfaat air bagi manusia  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2012/11/manfaat-air-bagi-kehidupan-manusia.html

benua asia http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/benua-asia.html
zat aditif  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/02/zat-aditif.html
benua afrika  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/benua-afrika.html
benua eropa  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/benua-eropa.html
pengertian globalisasi  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/pengertian-globalisasi.html
fungsi pajak  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2010/03/fungsi-dan-jenis-pajak.html
pengertian anggaran  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/07/pengertian-anggaran-secara-umum.html

macam macam koperasi  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2012/11/koperasi-pengertian-jenis-usaha-dan.html

kata pengantar  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/01/kata-pengantar.html

modernisasi  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/dampak-positif-dan-dampak-negatif.html
konduksi   http://mengerjakantugas.blogspot.com/2010/11/teori-perpindahan-panas-konduksi.html

pengertian modernisasi  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/05/pengertian-modernisasi.html
percakapan  http://mengerjakantugas.blogspot.com/2009/01/percakapan.html
arti globalisasi

Bahan baju motif batik

Bahan batik Mode Ok-rek. Bahan yang manis dan cantik ini, bisa dipercantik lagi bila dijahit menjadi baju, mulai dari Blus, Abaya, Kemeja,Blazer dan busana lainnya. Di Mode Okrek, kamu bisa pesan baju dengan model apa saja yang kamu sukai, dan kamu juga bisa memilih kain batik yang tentunya cocok dengan seleramu, baik warna ataupun motifnya. 
Bahan batik ini, juga bisa dimodifikasi dengan berbagai bahan kain lainnya, mulai dari kain katun, kain satin, kain rayon, kain satung, kain spandek, kaos bahkan sutra. Untuk membuat baju batik yang berkualitas, kami tentunya memakai kain yang berkualitas pula. 
Selamat berbelanja... semoga dengan adanya Mode Okrek. Kita bisa melestarikan Batik Indonesia, yang saat ini sudah tergeserkan dengan mode luar.
http://www.ok-rek.com/2014/11/bahan-batik-manis-cantik.html  
[ SELENGKAPNYA ]

Penerapan statistika dalam aspek kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai penerapan statistika dalam beberapa aspek kehidupan. Pengumpulan data tentang minat siswa dalam pemilihan jurusan ilmu alam, ilmu sosial, atau bahasa data tentang kepadatan penduduk dapat disajikan dengan mudah menggunakan ilmu statistika. Akibatnya kita sering melihat data tersebut disajikan dalam tabel atau diagram. Dengan statistika, data-data yang diperoleh itu dapat disajikan dalam tabel dan diagram sehingga mempermudah bagi pembacanya.

Dapatkah kalian membaca data dalam tabel atau diagram? Dapatkah kalian menyajikannya? Pada bab ini kalian akan mempelajari segala sesuatu tentang statistika termasuk cara membaca, menyajikan serta menafsirkan data dari tabel atau diagram. Setelah mempelajarinya diharapkan kalian dapat menerapkan konsep statistika sehingga dapat membaca atau menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram, ogive, serta memaknainya.

[ Selengkapnya tentang Statistika ]

Membaca Data dalam Tabel
Membaca Data dalam Diagram Batang
Membaca Data dalam Diagram Garis
Membaca Data dalam Diagram Lingkaran
Ogive
Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel (Daftar)
Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram

Pemeliharaan Kain dari serat Kapas

Teknik pemeliharaan kain dari serat kapas yaitu :
· Kain dari serat kapas dapat dicuci dengan sabun cuci biasa, sabun cream dan sabun yang banyak lindi.
· Bahan putih dapat dikelantang dengan sabun biasa dan obat-obat kelantang.
· Dapat di jemur dengan bagian buruk bahan keluar, dan dijemur pada tempat yang teduh dan kena angin.
· Disetrika dengan setrika yang panas supaya kusutnya hilang
· Disimpan di lemari pakaian dan bila bahan tersebut tidak sering di pakai, hendaklah sekali dalam sebulan dijemur di panas matahari untuk menghilangkan bau apeknya.

[ SELENGKAPNYA tentang Klasifikasi Serat Tekstil ]



Istilah dalam bidang Busana (Fashion)

Cellulose : Serabut yang berasal dari tumbuh-tumbuhan
Center of interest : Pusat perhatian yang terdapat pada desain busana.
.“Custom-made” : busana yang dibuat dengan sistem tailor maupun couture untuk perorangan sesuai dengan desain yang (couturis) exclusive.
Depun : Penyelesaian dengan lapisan menurut bentuk yang dijahit kebagian dalam.
Desain : Kerangka bentuk, rancangan, motif, model.
Drapping :Teknik pembuatan pola dengan cara memulir/drapping.
Dress making : Pembuatan pakaian wanita.
Dressform : Boneka jahit
Dresssmaker : Penjahit busana wanita
Garis Empire : Garis hias yang melebar terdapat dibawah dada
Garis Princess : Garis dari bahu atau tengah ketiak sampai panjang baju
Haute couture : Pembuatan busana tingkat tinggi.
Kampuh kostum : Kampuh yang diselesaikan dengan mesin pada bagian buruk, kemudian tirasnya diselesaikan dengan tangan.
Lipit kup : Garis lipatan untuk membentuk tubuh wanita

Analisis dan perancangan kolom

Secara ringkas analisis dan perencanaan mengikuti langkah-langkah:
Untuk analisis
1) Pemeriksaan apakah ρg masih dalam batas yang memenuhi persyaratan
0,01   ρg 0,08
2) Pemeriksaan jumlah tulangan pokok memanjang untuk memperoleh jarak bersih antara batang tulangan (dapat menggunakan tabel A-40 dalam Dipohusodo, 1994)
3) Menghitung kuat beban aksial maksimum
4) Pemeriksaan tulangan pengikat (lateral). Untuk sengkang, periksa dimensi tulangan, jarak spasi, dan susunan penampang. Untuk pengikat spiral, periksa dimensi batang tulangan, rasio penulangan, dan jarak
spasi bersih antara tulangan.
Untuk analisis
1) Menentukan kekuatan bahan-bahan yang dipakai. Menentukan rasio ρg penulangan yang direncanakan (bila diinginkan)
2) Menentukan beban rencana terfaktor Pu
3) Menentukan luas kotor penampang kolom yang diperlukan Ag
4) Memilih bentuk dan ukuran penampang kolom, gunakan bilangan bulat
5) Menghitung beban yang dapat didukung oleh beton dan tulangan pokok memanjang. Tentukan luas penampang batang tulangan memanjang yang diperlukan, kemudian pilih batang tulangan yang akan dipakai.
6) Merancang tulangan pengikat, dapat berupa tulangan sengkang atau spiral.

7) Buat sketsa rancangannya.

Istilah dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam

Adaptasi : cara menyesuaikan diri makhluk hidup terhadap lingkungannya.
Air tanah : air yang ada di dalam tanah dan menjadi sumber mata air.
Alami : asli dari alam, bukan buatan.
Alveolus : kantong udara dalam paru-paru dan sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida.
Angkasa : lapisan udara yang menyelimuti bumi.
Arteri : pembuluh nadi.
Autotomi : pemutusan ekor cecak atau kadal untuk melindungi dirinya.
Avitaminosis : kekurangan vitamin dalam tubuh.
Baji : bidang miring rangkap.
Barang tambang : benda yang diperoleh dari dalam bumi dengan cara menambang.
Batuan : jenis mineral yang tidak berasal dari makhluk hidup.
Batuan beku : batuan yang berasal dari pembekuan lava.
Batuan metamorf : batuan yang berasal dari batuan sedimen akibat perubahan suhu.
Batuan sedimen : batuan yang berasal dari pengendapan batuan beku.
Bunsen : lampu yang terbuat dari kaleng/ gelas yang menggunakan spiritus.
Cahaya : sinar atau terang yang memungkinkan mata menangkap bayangan benda-benda di sekitarnya.
Cahaya pantul : berkas cahaya yang dipantulkan.
Diafragma : sekat yang terletak antara rongga dada dan rongga perut.
Diamagnetis : benda yang ditolak oleh magnet.
Dispersi : peristiwa penguraian cahaya putih menjadi berbagai warna.
Divergen : cahaya yang menyebar/ mengembang.
Elektromagnet : magnet yang terbuat dari komponen listrik yang dililitkan pada besi lunak.
Enzim : zat yang dihasilkan oleh sel hidup dan bekerja dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh makhluk hidup, misalnya proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia.
Epifit : tumbuhan yang hidupnya menempel.
Estivasi : tidur selama berbulan-bulan di saat musim kering atau panas untuk menghemat energi.
Feromagnetis : benda yang dapat ditarik magnet dengan kuat.
Fisiologi : fungsi alat tubuh.
Floem : jaringan yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan.
Gerakan peristaltik : gerakan mendorong secara otomatis dari kerongkongan ke arah anus.
Gizi : zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan badan.
Gravitasi : gaya tarik antardua massa.
Habitat : tempat tinggal yang sesuai dengan kehidupan suatu makhluk hidup.
Hibernasi : cara hewan menghemat energi dengan tidur di musim dingin selama berbulan-bulan.
Hidrofit : tumbuhan yang hidup di air.
Higienis : keadaan bebas dari kuman penyakit.
Higrofit : tumbuhan yang hidup di daerah lembab.
Humus : sisa makhluk hidup yang telah mati dan hampir menyerupai tanah.
Inti bumi : bagian bumi yang padat dan bersuhu sangat tinggi mencapai 5.550oC.
Jalan tol : jalan bebas hambatan.
Kaca pembesar : alat yang dibuat dari lensa cembung untuk melihat benda yang kecil supaya tampak lebih besar dan jelas; disebut juga lup/ suryakanta.
Karbohidrat : zat tepung.
Karbon dioksida : zat asam arang.
Kerak bumi : lapisan bagian luar bumi dan merupakan tempat makhluk hidup melakukan kegiatan.
Lensa cembung : kaca bulat melengkung yang bagian pinggirnya lebih tipis daripada bagian tengahnya.
Lentisel : pori-pori pada batang tempat pertukaran gas.
Magma : cairan yang sangat panas dan berpijar.
Magnet : besi atau baja yang dapat menarik benda-benda magnetis.
Magnetis : benda yang dapat menarik benda lain.
Massa : ukuran sejumlah materi yang terdapat dalam sebuah benda.
Matahari : bola gas raksasa yang sangat panas dan berpijar.
Menu : daftar jenis makanan.
Mineral : barang tambang yang tidak berasal dari makhluk hidup.
Monokromatik : cahaya berwarna yang tidak dapat diuraikan menjadi warna lain.
Morfologi : bentuk tubuh.
Nonmagnetis : benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet.
Oksigen : zat asam atau zat kimia dengan rumus O2
Organ : alat yang mempunyai tugas tertentu dalam tubuh manusia dan hewan seperti jantung, paru-paru, ginjal, hati.
PAM : singkatan dari perusahaan air minum.
Paramagnetis : benda yang dapat ditarik magnet dengan lemah.
Pelapukan : proses menjadi lapuk/ rusak/ hancur karena sesuatu.
Pelapukan biologi : pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup.
Pelapukan fisika : pelapukan yang terjadi karena perubahan suhu/cuaca.
Pelapukan kimiawi : pelapukan akibat persenyawaan dengan oksigen.
Pencernaan : penghancuran dan penyerapan makanan dalam alat pencernaan.
Periskop : alat untuk melihat sesuatu di balik suatu penghalang.
Permanen : tetap/ kekal/ abadi.
Poros : benda yang kedua ujungnya berbentuk silinder, tempat adanya roda yang berputar.
Pupuk organik : pupuk yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mengalami pembusukan.
Reflektor : benda-benda yang memantulkan cahaya.
Remanen : sementara.
Selip : tergelincir pada roda dan ban kendaraan.
Selubung bumi : lapisan bumi yang terletak di bawah bagian kerak bumi dan mencapai kedalaman 2.900 km; terdiri atas magma kental.
Sintesis : tiruan, buatan.
Sistem : seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk satu kesatuan. Contoh sistem pernapasan, sistem pencernaan makanan, sistem peredaran darah.
Spektrum : susunan tujuh warna cahaya dalam cahaya putih.
Stomata : mulut daun tempat terjadinya pertukaran gas pada daun.
Struktur : susunan.
Sumber daya alam : segala sesuatu yang berasal dari alam dan digunakan untuk keperluan hidup manusia.
Tingkah laku : kebiasaan.
Trakea : corong napas, pipa udara alat untuk bernapas pada serangga.
Traktor : alat berat bermesin diesel yang dipakai untuk meratakan tanah.
Tropofit : tumbuhan yang mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan musim.
Tsunami : gelombang laut yang dahsyat akibat gempa atau letusan gunung di dasar laut.
Xerofit : tumbuhan yang mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan panas dan kering/ kurang air.
Xilem : jaringan yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral sampai ke (pembuluh kayu) daun.



Soal Latihan Agama Islam SD dari Bank Soal

Lingkarilah huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat.
Kerjakan di buku latihanmu.
1. Isteri Abu Lahab disebut "pembawa kayu bakar" artinya ....
a. pembantu Abu Lahab
b. tukang kayu
c. setiap pergi kayu dibawa untuk dibakar
d. penyebar fitnah

3. Nama asli Abu Lahab ialah ….
a. Abu Uzza bin Sufyan                c. Abdul Uzza Ibnu Abdul Mu alib
b. Amar bin Hisyam                     d. Musailamah Al-Ka ab

4. Nama surah Al-Lahab diambil dari kata "Lahab" yang artinya ….
a. gejolak jiwa                       c. gejolak api
b. jiwa yang bergejolak         d. hati yang membara

5. "Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal" adalah arti dari ayat ke ….
a. 2                 c. 4
b. 3                 d. 5

7. Nama surah "Al-Kafirun" diambil dari lafal "Al-Kafirun" artinya ….
a. orang-orang kafir                      c. orang-orang fasik
b. orang-orang musyrik                 d. orang-orang munafik

[ SELENGKAPNYA ]
Memukul adalah satu keterampilan yang harus dikuasai pemain kasti. Setiap pemain harus bisa memukul bola dengan berbagai cara. Pukullah bola sejauhjauhnya agar regu penjaga sulit atau tidak bisa menangkapnya.

Sebelum belajar memukul bola, cara memegang alat pemukul harus diperhatikan. Cara memegang alat pemukul yang benar adalah sebagai berikut.
• Condongkan badan ke arah pemukul.
• Buka kedua kaki selebar bahu.
• Pegang dengan tangan kanan, tarik kayu pemukul ke belakang sampai bahu.
• Beri tanda arah bola yang diinginkan dengan tangan kiri.
• Perhatikan bola dan pukullah.
• Gerakkan pemukul dilakukan dengan kekuatan gerakan badan dan tangan kanan.

Berlatihlah cara memegang kayu pemukul dengan tepat agar menghasilkan arah dan kekuatan yang diinginkan. Apabila telah menguasainya, berlatihlah cara memukul berikut agar kita bisa menguasai permainan.

1) Pukulan Melambung
Teknik pukulan ini digunakan untuk menghasilkan arah bola yang melambung jauh. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
• Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang.
• Serongkan tangan pemegang pemukul 45 derajat ke bawah.
• Lihatlah arah datangnya bola.
• Pukullah bola sekuat-kuatnya dengan mengayun tangan pemukul mencapai samping kiri atas.

2) Pukulan Mendatar
Teknik pukulan ini digunakan jika kita menginginkan gerak bola sangat cepat, melesat ke depan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
• Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang.
• Posisikan pemukul agar sejajar dengan bahu.
• Tangan kiri meminta arah bola mendatar.
• Lihatlah arah datangnya bola.
• Pukullah bola sekuat-kuatnya dengan mengayun pemukul secara mendatar.

3) Pukulan Merendah
Teknik pukulan ini digunakan bila kita menginginkan arah jalannya bola yang cepat dan memantul ke tanah. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.
• Buka kaki sehingga kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang. • Tarik tangan pemegang pemukul ke belakang atas.
• Lihatlah arah datangnya bola.
• Pukullah bola dengan mengayunkan pemukul dari atas ke arah bawah.

Memukul Bola dalam Permainan Kasti

(Disalin dari Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas V)

Menangkap Bola dalam Permainan Kasti

Setelah belajar melempar, kita akan belajar menangkap bola dengan baik. Cara menangkap tentu disesuaikan dengan arah bola yang datang. Arah bola terbagi menjadi bola melambung, bola mendatar atau setinggi dada, dan bola menyusur tanah. Kuasailah teknik menangkap ini agar kita dapat menguasai permainan.

1) Menangkap Bola Melambung
• Berdirilah tegak dengan kaki kanan di depan.
• Arahkan pandangan ke arah datangnya bola.
• Bengkokkan siku dan tangan berhadapan.
• Lemaskan dan renggangkan jari-jari.
• Tangkaplah bola.

2) Menangkap Bola Mendatar
• Berdirilah tegak dengan kaki kanan di depan.
• Arahkan pandangan ke arah datangnya bola.
• Bengkokkan siku dan tangan berhadapan di dada.
• Lemaskan dan renggangkan jari-jari.
• Tangkaplah bola.


3) Menangkap Bola Menyusur Tanah
• Berdirilah tegak dengan kaki kiri di depan.
• Arahkan pandangan ke arah datangnya bola.
• Tekuk kaki kiri dan lutut kaki kanan menempel di tanah.
• Letakkan kedua telapak tangan saling berhadapan di depan kaki kanan.
• Tangkaplah bola.

Lakukanlah latihan melempar dan menangkap bola. Kita bisa melakukannya sendiri, misalnya dengan melemparkannya ke tembok. Tapi alangkah lebih baik jika melakukannya dengan teman kita. Lakukanlah secara berpasangan. Lakukan latihan ini dengan jarak dekat dahulu. Setelah menguasainya, lakukan dengan jarak yang semakin jauh sampai 4 m.



(disalin dari Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas V)


Suplemen kesehatan khusus wanita

Nordic Naturals Omega woman (lemon) (120 Softgels)

Suplemen kesehatan yang diciptakan khusus untuk wanita untuk memenuhi kebutuhannya. Terbuat dari GLA dari evening primrose oil dengan sentuhan EPA + DHA yang berfungsi membantu produksi PGE1 prostaglandins yang menguntungkan, menjaga keseimbangan hormon dan memberikan kelegaan hormon untuk PMS dan menopause. Suplmemen kesehatan ini mendukung metabolisme yang optimal, membangkitkan mood positif dan menjaga kesehatan kulit dan rambut. No Gluten, Yeast, Milk Derivatives, Artificial Colors or Flavors. Mengandung Vitamin E dari soybean oil.

[ SELENGKAPNYA ]

Sistematika dan Botani Tanaman Tembakau

Sistematika Tanaman
Sistematika tanaman tembakau adalah sebagai berikut:
Klass : Dicotyledonaea
Ordo : Personatae
Famili : Solanaceae
Sub Famili : Nicotianae
Genus : Nicotianae
Spesies :Nicotiana tabacum L.

Botani Tanaman
Akar
Tanaman tembakau merupakan tanaman berakar tunggang yang tumbuh tegak ke pusat bumi. Akar tunggangnya dapat menembus tanah kedalaman 50- 75 cm, sedangkan akar serabutnya menyebar ke samping. Selain itu, tanaman tembakau juga memiliki bulubulu akar. Perakaran akan berkembang baik jika tanahnya gembur, mudah menyerap air, dan subur.

Batang
Tanaman Tembakau memiliki bentuk batang agak bulat, agak lunak tetapi kuat, makin ke ujung, makin kecil. Ruas-ruas batang mengalami penebalan yang ditumbuhi daun, batang tanaman bercabang atau sedikit bercabang. Pada setiap ruas batang selain ditumbuhi daun, juga ditumbuhi tunas ketiak daun, diameter batang sekitar 5

Daun Daun tanaman tembakau berbentuk bulat lonjong (oval) atau bulat, tergantung pada varietasnya. Daun yang berbentuk bulat lonjong ujungnya meruncing, sedangkan yang berbentuk bulat, ujungnya tumpul.
Daun memiliki tulang-tulang menyirip, bagian tepi daun agak bergelombang dan licin. Lapisan atas daun terdiri atas lapisan palisade parenchyma dan spongy parenchyma pada bagian bawah. Jumlah daun dalam satu tanaman sekitar 28- 32 helai

Bunga
Tanaman tembakau berbunga majemuk yang tersusun dalam beberapa tandan dan masing masing tandan berisi sampai 15 bunga. Bunga berbentuk terompet dan panjang, terutama yang berasal dari keturunan Nicotiana tabacum, sedangkan dari keturunan Nicotiana rustika, bunganya lebih pendek, warna bunga merah jambu sampai merah tua pada bagian atas.

Bunga tembakau berbentuk malai, masing-masing seperti terompet dan mempunyai bagian sebagai berikut:
a. Kelopak bunga, berlekuk dan mempunyai lima buah pancung
b. Mahkota bunga berbentuk terompet, berlekuk merah dan berwarna merah jambu atau merah tua dibagian atasnya. Sebuah bunga biasanya mempunyai lima benang sari yang melekat pada mahkota bunga, dan yang satu lebih pendek dari yang lain.
c. Bakal buah terletak diatas dasar bunga dan mempunyai dua ruang yang membesar
d. Kepala putik terletak pada tabung bunga yang berdekatan dengan benang sari. Tinggi benang sari dan putik hampir sama. Keadaan ini menyebabkan tanaman tembakau lebih banyak melakukan penyerbukan sendiri, tetapi tidak tertutup kemungkinan untuk penyerbukan silang.

Buah
Tembakau memiliki bakal buah yang berada di atas dasar bunga dan terdiri atas dua ruang yang dapat membesar, tiap-tiap ruang berisi bakal biji yang banyak sekali

Penyerbukan yang terjadi pada bakal buah akan membentuk buah. Sekitar tiga minggu setelah penyerbukan, buah tembakau sudah masak.
Setiap pertumbuhan yang norrmal, dalam satu tanaman terdapat lebih kurang 300 buah. Buah tembakau berbentuk bulat lonjong dan berukuran kecil, di dalamnya berisi biji yang bobotnya sangat ringan. Dalam setiap gram biji berisi + 12.000 biji. Jumlah biji yang dihasilkan pada setiap tanaman rata-rata 25 gram.

[  SELENGKAPNYA TENTANG BUDIDAYA TEMBAKAU ]

. . .

PASIEN (Cerpen Sori Siregar)

CONTOH CERPEN

Waktu keberangkatan pesawat terbang yang akan saya tumpangi menuju sebuah kota di mancanegara, ditunda dua jam. Seorang ibu bertubuh sintal mengomel karena ia pasti terlambat menghadiri upacara wisuda anaknya di kota yang kami tuju itu. Seorang lelaki setengah baya yang tak putus-putusnya merokok selama menunggu waktu keberangkatan memukul keningnya. "Aduh, jadwal yang sudah disusun jadi berantakan," katanya setengah berteriak.

Berbagai komentar sebagai reaksi atas keterlambatan keberangkatan itu terlontar dari hampir setiap mulut calon penumpang yang akan berangkat. Saya yang merasa tidak perlu menambah carutmarut seperti itu melangkah ke restoran yang tidak jauh dari ruang tunggu. Beberapa calon penumpang lain juga mulai melangkah meninggalkan ruang tunggu itu.

Di restoran itu saya hanya memesan secangkir kopi dan sepotong croissant. Saya memilih duduk di pojok agar dapat membaca buku yang baru saya beli dengan tenang. Saya tenggelam dalam kisah yang dituturkan Gabniel Garcia Marquez pada buku tipis terbitan Penguin itu. Belum setengah jam dengan keasyikan itu seseorang menghampiri saya dan menarik kursi di depan saya. Saya menoleh ke arahnya. Ia mengulurkan tangan sambil menyebut namanya. Saya menyambut uluran tangannya dengan menyebut nama saya.

"Perjalanan bisnis?" orang bernama Iskandar Zulkarnain itu bertanya. "Oh, bukan. Seminar,"
Ia mengangguk. Setelah mengeluarkan sebungkus rokok Marlboro dari saku jasnya, ia menawarkan sebatang rokoknya kepada saya. Saya menolak dengan mengucapkan terima kasih.
"Anda tahu mengapa Anda yang saya datangi, bukan yang lain-lain itu?" ia bertanya sambil mengarahkan ibu jarinya kepada calon penumpang lain yang juga banyak di restoran itu. Saya menggeleng.
"Karena itu," ujarnya sambil menunjuk buku tipis yang saya pegang.
"Dari tadi saya lihat Anda tekun membaca di ruang tunggu itu. Anda orang yang tahu menghargai waktu. Dan serius. Maaf, saya mengganggu keasyikan Anda karena memilih duduk di sini. Silakan terus membaca," tuturnya sambil membungkuk mengeluarkan sebuah majalah berbahasa Inggris dari tas yang dibawanya.

[ SELENGKAPNYA ]

. . .

Benarkah Bumi sudah renta?

Semakin lama Bumi tidak bisa menjadi tempat yang nyaman untuk tempat tinggal manusia. Serangkaian bencana alam yang terjadi di hampir semua permukaan Bumi pun menjadi pertanda betapa sudah tua usia Bumi ini. Para ahli menduga bahwa manusialah yang menjadi pemicu dan penyebab serangkaian bencana itu. Eksplorasi besar-besaran terhadap Bumi untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa mempertimbangkan kelanjutannya, jelas menjadi penyebab utama kerusakan Bumi. Fenomena perubahan iklim yang terjadi akhirakhir ini menjadi bukti betapa parah kerusakan yang terjadi di muka Bumi. Perubahan iklim terjadi karena pemanasan global yang ditandai meningkatnya suhu Bumi karena dampak dari kegiatan manusia. Hutan digunduli secara membabi buta, industrialisasi berjalan tanpa mempertimbangkan keseimbangan alam, polusi dari dunia transportasi tidak terkendali, kebakaran hutan yang terjadi setiap tahun, dan penggunaan elektronik secara besar-besaran adalah beberapa penyebab terjadinya efek rumah kaca. Selubung misterius itulah yang menutupi Bumi dari radiasi sinar matahari sehingga suhu Bumi meningkat secara tajam. Fenomena inilah yang menyebabkan serangkaian terjadinya bencana alam.

Kita tidak bisa membayangkan yang akan terjadi apabila bongkahan es di Kutub Selatan terus meleleh. Pesisir pantai akan tersapu gelombang air laut dan garis pantai pun akan mundur ke arah daratan hingga ratusan meter. Sementara itu, ribuan pulau kita tenggelam karena meningkatnya permukaan air laut. Hal yang paling ditakutkan adalah bencana kekeringan yang panjang akan terjadi di Afrika dan Asia.

Benarkah Bumi sudah renta? Mungkinkah malapetaka itu benar-benar akan terjadi? Ada baiknya kita membuka kembali awal mula terciptanya Bumi dan kehidupan yang ada di atasnya. Dengan demikian, kita menyiapkan antisipasi yang nyata terhadap bencana yang akan datang.

Tuhan menciptakan Bumi tidak dengan sia-sia. Meskipun kita tidak tahu kapan Bumi ini diciptakan secara pasti, para ahli mampu membuka tabir misteri proses penciptaan Bumi dan seluruh isinya. Bahkan, sejak manusia diduga mendiami Bumi ini pun para ahli mampu melacaknya. Selain itu, para ahli juga bisa dengan mudah membuktikan bahwa perubahan bentuk permukaan Bumi dan kerusakan atau bencana yang terjadi di atas Bumi juga karena ulah manusia. Oleh karena itu, kita harus meningkatkan kesadaran terhadap perlunya menjaga kelestarian Bumi dan mengembangkan bangkitnya gerakan cinta Bumi.

A. Bentuk Muka Bumi
1. Keragaman dan Proses Pembentukan Muka Bumi
B. Kehidupan Masa Praaksara di Indonesia


Kandungan Surah At-Tin [95]

Manusia merupakan salah satu makhluk Allah Swt. Dia menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Secara lahir bentuk manusia memiliki bentuk yang indah dibanding makhluk Allah Swt. yang lain. Ukuran tubuh dan raut muka manusia berbeda dengan makhluk yang lain. Penciptaan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ini dijelaskan oleh Allah Swt. dalam salah satu ayat Surah at-Tin [95]. 


Terjemahan Surah at-Tin [95] secara lengkap bisa dilihat di sini.



Kandungan Surah At-Tin [95]

Allah Swt. memulai Surah at-Tin [95] dengan bersumpah. Dua buah-buahan yang disebut dalam ayat pertama Surah at-Tin [95] adalah buah tin dan zaitun. Buah tin merupakan buah yang dapat dikonsumsi, sedangkan buah zaitun dapat diambil minyaknya. Menurut sebagian mufasir penyebutan kedua buah ini agar menjadi perhatian karena keduanya termasuk buah yang penting bagi manusia. Menurut sebagian mufasir, tin diartikan sebagai tempat tinggal Nabi Nuh a.s., yaitu Damaskus, tempat yang banyak tumbuh pohon Tin. Zaitun adalah Baitulmakdis yang banyak tumbuh zaitun. Gunung Sinai adalah tempat Nabi Musa a.s. menerima wahyu.

Dalam ayat kedua Allah Swt. bersumpah demi Gunung Sinai atau Tursina. Tempat ini sekarang dikenal dengan nama semenanjung Sinai. Tursina menurut Ibnu Kasir adalah tempat Allah Swt. berfirman langsung kepada Nabi Musa a.s. Dalam ayat ketiga Allah Swt. menyebut balad al-Amin. Menurut sebagian mufasir yang dimaksud dengan balad al-Amin adalah Mekah. Bagi siapa saja yang masuk ke Mekah akan terjamin keamanannya. Di Mekah ini pula Nabi Muhammad saw. lahir dan di kota ini pula berdiri Kakbah yang menjadi kiblat umat Islam.

Allah Swt. menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Allah Swt. juga mengaruniakan akal yang tidak dikaruniakan kepada makhluk lainnya. Dengan akal manusia dapat membedakan kebaikan dan keburukan. Selain akal, Allah Swt. mengutus rasul untuk menyampaikan kebenaran kepada manusia. Karunia berupa akal dan bentuk yang sebaik-baiknya dibanding makhluk yang lain hendaknya kalian manfaatkan untuk beribadah guna mendekatkan diri kepada Allah Swt. Beriman dan senantiasa beramal saleh agar memperoleh pahala yang tidak putus-putusnya.
busana muslim busana muslim Blus terbaru

Komentar Teman-teman

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Tampil di blog ini