Kata-kata faza

Hello
Sekarang ada dimana sekarang ada dimana Bunda sekarang ada dimana

Halo bisa denger enggak
Iya itu kembarannya Azka gambarnya Bunda

Memang asking gambarnya seperti apa gambarnya dikasih judul apa

Internetnya lambat ya jadi Ini downloadnya lama download gambar yang dikirim Bunda ini lho Bunda masih di situ mandi lagi

Halo bulan 11 ngapain flashdisk ini ditulis oleh komputer menjadi 11 0856 kosong empat kosong

Bule bersih-bersih di sini tiap hari. Di di rumahku sana nggak ada yang bersih bersih gak boleh gitu ya Aku pingin ada yang cepat

Nggak ada ada gak Iya nggak ada ya cepat aku aku nulis jauh malah ditulis cepat barangnya buanyak berisik mungkin jadi ini 

Belajar menulis menulis huruf f YouTube game artis menulis huruf besar terus menulis huruf kecil Ya itu kan gamenya anak-anak sebelum PAUD

Oh kalau huruf g disebelahnya ada gambar gajah Kitty aku ngomong gajah Nggak pakai CD tetapi terus ini ada sakit

Ketika mau nulis ketika mau nulis huruf dikasih gambar hiu  kalo bener ada yang teriak

Permainan apa

Kata-kata dari Azka

Indonesia Indonesia itu tadi Ibu Kita Kartini Ibu Kita Kartini
Ibu kita Kartini putri sejati Putri Indonesia Harum namanya Wahai ibu kita Kartini pendekar untuk merdeka bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla Buka Titik Joss One and one I love my mother my father I love you and i love free body Let It Go let it go can't hold it back anymore Let it go let it go lagu halo halo halo halo Alhamdulillah Bersyukur padamu ya Allah Bismillahirrahmanirrahim Raja Rasa pipi Hamdi rapi kawa star of fire in Yahoo karena tahu apa-apa Raja Rasa
Yahoo kira-kira star of fire IV karena tahu apa-apa cara-cara saya kira kira karena tahu apa-apa cara Saya kira kira karena tahu apa-apa

Membersihkan rumah hanya perlu waktu lima belas menit

Membersihkan rumah tidak perlu waktu yang lama. Kita hanya perlu waktu lima belas menit atau sampai dua puluh menit. Bagaimana dengan caranya? Cara ini bisa dilakukan dalam waktu seminggu dengan kurun waktu yang dihabiskan untuk bersih-bersih sehari hanya lima belas sampai dua puluh menit.

Karena waktu untuk bersih bersih amatlah singkat kita harus menyiapkan peralatan kebersihan sehari sebelumnya, atau beberapa jam sebelum bersih bersih. Dengan begitu kita tidak perlu membuang waktu untuk mencari perlengkapan untuk membersihkan rumah kita.

Hari pertama kita bisa membersihkan bagian terpenting dari rumah kita. Yaitu lantai rumah kita. Lima belas menit di hari pertama kita habiskan untuk menyapu lantai kita atau bisa memakai vacuum cleaner agar lebih bersih, setelah itu kita bisa mengepel lantai kita.

Di hari kedua, di lima belas menit pertama kita ulangi lagi menyapu dan mengepel, setelah itu kita membersihkan apa saja yang bisa di vacuum, korden, karpet, peralatan rumah tangga yang terbuat dari kain. Kita bersihkan dari debu-debu yang menempel. Jangan lupa untuk melap semua perabot kita tentunya dengan cara yang tersendiri, agar perabot kita tidak rusak karena salah penanganan.

Hari ketiga, siap-siap, ulangi langkah 15 menit pertama dan kedua. Setelah itu mulailah membersihkan langkah ke tiga. Bersihkan bak mandi dari karak-karak yang menempel, bersihkan toilet dari noda-noda yang menempel. Bersihkan juga kran-kran air yang terlihat, juga wastafel yang ada di dapur, bersihkan dari kotoran makanan yang melekat.

Di hari ke empat seperti biasa lakukan semua langkah pembersihan dari yang pertama sampai ketiga. Setelah itu kita bersihkan dapur dari barang-barang yang tidak diperlukan, bahan makanan sisa yang belum sempat dibuang, bersihkan lantai dan counter dari debu-debu yang melekat. Jangan lupa masak makanan yang menyehatkan setelah bersih-bersih agar keluarga kita merasa senang.

Hari terakhir, hari ke lima, coba bersihkan kamar pribadi, atau kamar tidur. Bersihkan lemari pakaian, meja belajar, meja rias dari benda-benda yang tidak diperlukan. Setelah semuanya bersih bisa dipastikan kehidupan anda di rumah akan semakin membaik, dan keluarga pun akan lebih betah tinggal dirumah. Yoo Bersih-bersih ya! Semangat!

Ditulis oleh Ayuna Kusuma


Pak Moedjair adalah penemu ikan mujair - dari Buku Tema 5 kelas 6 SD

Kegigihan Pak Moedjair

Teman, apakah kamu suka makan ikan mujair? Siapa sangka, ternyata nama mujair dipilih sebagai bentuk penghormatan kepada Iwan Dalauk, yang lebih dikenal sebagai Pak Moedjair oleh masyarakat di sekitar Desa Papungan, Blitar, Jawa Timur.

Pak Moedjair adalah penemu ikan mujair. Ia berhasil membuat satu jenis ikan air laut beradaptasi dengan kehidupan air tawar. Hingga kini kita mengenal ikan mujair sebagai ikan air tawar.

Pak Moedjair melewati proses cukup panjang. Pertama-tama ia tertarik dengan keunikan sekelompok ikan yang menyimpan telur di dalam mulut hingga menetas. Anak-anak ikan berada di dalam mulut ibunya sampai tiba waktu penyapihan.

Tertarik dengan keunikan spesies ikan itu, Pak Moedjair membawa beberapa ekor dengan harapan ia dapat membudidayakannya di air tawar. Sayangnya, tidak lama dimasukkan ke dalam air tawar, ikan-ikan tersebut mati.

Pak Moedjair tak putus asa, ia kembali lagi ke tempat ikan-ikan itu. Kali ini, Pak Moedjair membawa juga sedikit air laut untuk dicampur dengan air tawar. Ia berpikir bahwa ikan-ikan yang sebelumnya mati karena langsung ditempatkan dalam air tawar, mungkin seharusnya dicampur dahulu dengan air laut.

Pemikiran Pak Moedjair ternyata benar. Di dalam campuran air laut dan air tawar, ikan-ikan yang dibawa bertahan hidup lebih lama. Ketika keesokan harinya ikan-ikan itu mati, Pak Moedjair tidak berputus asa. Dengan penuh semangat, beliau kembali lagi ke pantai Serang untuk mengambil ikan dan membawa air laut dalam jumlah lebih banyak lagi.

Proses ini berlangsung lama dan semangat Pak Moedjair tidak pernah surut, sekalipun ia harus bolak-balik mengambil ikan dan air laut. Pak Moedjair yakin betul, bahwa masa adaptasi ikan air laut di air tawar akan terlewati dengan baik apabila komposisi percampuran air laut dan air tawar dapat dibuat secara tepat dan bertahap, sehingga secara fisik ikan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Pak Moedjair terus mencoba membuat komposisi campuran dengan persentase air laut lebih besar dibandingkan air tawar, lalu secara bertahap persentase air laut dikurangi.

Akhirnya, setelah 11 kali mencoba komposisi campuran air laut dan air tawar, Pak Moedjair berhasil. Empat ekor ikan yang dibawanya dari laut dapat bertahan hidup di air tawar, hingga bertelur. Empat ekor ikan itu ditangkar oleh Pak Moedjair dalam satu kolam, dan selanjutnya terus berkembang hingga menjadi beberapa kolam. Pak Moedjair membagikan bibit ikan ini secara cuma-cuma kepada masyarakat di desanya, sehingga makin banyak orang yang berhasil membudidayakan ikan ini.

Atas kegigihan dan jasanya membudidayakan ikan air laut di air tawar, pemerintah kota Kediri memberikan penghargaan dengan memberi nama ikan spesies baru itu sesuai nama penemunya, Moedjair.

Ceritakan kembali bagaimana terjadinya proses penemuan ikan mujair. Berapa kali percobaan yang dilakukan Pak Moedjair untuk menghasilkan apa yang diharapkannya?

Sikap apa yang dapat kamu contoh dari Pak Moedjair dalam melakukan usaha penemuannya? Jelaskan!

Tahukah Kamu?

Secara ilmiah, inovasi Pak Moedjair yang berhasil membudidayakan ikan air laut ke air tawar dapat diterangkan melalui fakta bahwa spesies yang bermigrasi antara air laut dan air tawar membutuhkan adaptasi pada kedua lingkungan. Ketika berada di dalam air laut, mereka harus menjaga konsentrasi garam dalam tubuh mereka lebih rendah dari pada lingkungannya. Ketika berada di air tawar, mereka harus menjaga kadar garam berada di atas konsentrasi lingkungan sekitarnya.

Banyak spesies yang menyelesaikan masalah ini dengan berasosiasi dengan habitat berbeda pada berbagai tahapan hidup. Seperti manusia mempertahankan tingkat yang tepat dari garam dalam tubuh ikan yang sangat penting untuk kesehatan. Ikan menghadapi tantangan yang sangat sulit karena mereka tinggal di lingkungan yang berair dan garam cenderung ‘keluar’ banyak. Konsentrasi garam dalam ikan air tawar jauh lebih tinggi daripada di air sekitarnya, sehingga garam terus keluar dari ikan ke dalam air. Untuk mengimbangi hal ini, ikan telah mengembangkan beberapa solusi. Yang pertama dan terpenting adalah ikan menelan jumlah air yang banyak dan menghasilkan jumlah besar urin (10-20 kali lebih banyak sebagai mamalia air). Ginjal mereka mengekstrak sejumlah kecil garam dari air yang tertelan dan memasukkannya kembali ke dalam aliran darah ikan. Hal lain yang ikan miliki adalah pompa ion dalam insang mereka membantu mengambil garam keluar dari air dan amonia kotoran dan produk yang tidak diinginkan lainnya. Ikan laut memiliki masalah yang sama secara terbalik. Untuk ikan laut, air laut mengandung konsentrasi garam yang jauh lebih tinggi daripada apa yang ada dalam tubuh.

Berdasarkan teks diatas, apa yang dilakukan oleh Pak Moedjair sehingga ikan yang ditemukannya dapat hidup di air tawar?

Belajar di Rumah tentang Wirausaha -

Kita akan belajar tentang wirausaha
• Apa itu wirausaha?
• Apakah ada perbedaan antara wirausaha dengan profesi pekerjaan yang telah kita ketahui sebelumnya?
• Sikap apa saja yang diperlukan oleh seorang pelaku wirausaha untuk mencapai kesuksesan?
• Apakah di sekitar kita ada pelaku wirausaha?
• Apakah kita dapat menjadi seorang pelaku wirausaha?
• Apa saja yang perlu kita pelajari untuk menjadi pelaku wirausaha?

Diskusikan dengan orang tuamu, pengalaman atau cerita apa yang mereka miliki seputar dunia wirausaha? Mungkin saja orangtuamu adalah salah satu pelaku wirausaha. Mereka tentu akan mempunyai banyak cerita seputar perjuangan mereka untuk membesarkan usaha. Jika orangtuamu bukan pelaku wirausaha, pasti mereka juga punya cerita yang menarik tentang dunia wirausaha yang mereka ketahui.

Perhatikan sekelilingmu. Adakah jenis wirausaha yang menarik dan sukses di sekitarmu? Apakah kamu mengenal orang di balik wirausaha tersebut? Jika kamu memiliki kesempatan untuk berbincang-bincang, jangan disia-siakan kesempatan tersebut. Minta mereka bercerita tentang nilai-nilai dan sikap apa yang diperlukan sehingga usaha mereka berkembang dan sukses.

Kamu pasti ingin menjadi manusia yang sukses di masa depan. Sikap apa saja yang harus kamu lakukan agar berbuah kesuksesan? Ayo, kita cari tahu.

Kerja Keras Berbuah Kesuksesan

Tanpa disadari, banyak hal-hal di sekitarmu yang terjadi akibat usaha dan kerja keras seseorang. Ketika sudah kamu nikmati, hal tersebut terlihat sederhana, Namun dibaliknya selalu ada kerja keras yang mendahuluinya.

Pemanenan atau pemetikan daun tembakau yang terbaik

Pemanenan atau pemetikan daun tembakau yang terbaik adalah pada saat tanaman cukup umur dan daun-daunnya telah matang petik yang dicirikan dengan warna hijau kekuning-kuningan. Daun-daun yang demikian akan menghasilkan krosok yang bermutu tinggi dan aromanya tajam.

Krosok tembakau yang bermutu tinggi mempunyai nilai jual yang tinggi.

Namun, pada beberapa hal, misalnya karena permintaan pasar dan letak daun pada batang, maka pemetikan yang terbaik dapat dilakukan pada tingkatan daun hampir masak. Karena bila dipetik tepat masak dan masak sekali, kualitas daun setelah pengeringan justru mengalami kemerosotan terutama aromanya Untuk golongan tembakau cerutu, pemungutan daun yang baik adalah pada tingkat kemasakan tepat masak atau hampir masak.

Pemetikan pada tingkatan ini akan menghasilkan krosok yang berwarna keabu-abuan (vaal) dan elastis. Pemungutan daun muda atau daun tua akan menghasilkan krosok yang rapuh (tidak elastis) dan warna yang tidak menarik

Untuk tembakau golongan sigaret, misalnya Virginia, pemanenan daun yang terbaik adalah pada tingkat kemasakan tepat masak atau masak sekali. Apabila pasar menghendaki krosok yang halus, pemetikan daun dapat dilakukan pada tingkat kemasakan masak sekali.

Caranya adalah dengan memperpanjang waktu pemetikan 5-10 hari dari tingkat pemasakan tepat masak. Untuk jenis Tembakau Turki yang tergolong tembakau sigaret pula, pemetikan daun yang baik adalah pada tingkat kematangan hampir masak atau masih kehijauan

Permasalahan yang kadang terjadi yaitu adanya kesalahan dalam pemetikan daun yaitu daun-daun yang dipetik terlampau muda, akibatnya akan menghasilkan krosok yang berkualitas rendah, yakni berwarna hijau mati, kurang beraroma, warnanya cokelat tua, dan kisut sehingga harga di pasaran rendah.

Permasalahan lain yaitu daun tembakau yang dipetik telah lewat umur, daunnya sudah terlalu tua yang dicirikan dengan warna kuning tua yang menghasilkan krosok yang bermutu rendah. Karena itu diharapkan para pekerja lebih teliti lagi dalam memanen daun tembakau.

Selengkapnya tentang Panen dan Pascapanen Tembakau

Curing pada Pascapanen Tembakau


Selama ini di beberapa petani ada yang berpendapat bahwa curing adalah prosespengeringan tembakau saja. Tidak menyadari bahwa sel-sel di dalam daun tersebut masih tetap hidup setelah dipanen.

Tujuan Curing :
Sebenarnya tujuan curing adalah :
1. Melepaskan air daun tembakau hidup dari kadar air 80 -90 % menjadi 10-15%
2. Perubahan warna dari Zat hijau daun menjadi warnaa orange dengan aroma sesuai dengan standar tembakau yang diproses.
Untuk mendapatkan hasil curing/omprongan tembakau yang baik, maka daun tembakau itu harus sudah masak dan seragam.

Ciri-ciri daun yang sudah masak adalah :
1. Warna daun sudah mulai hijau kekuningan dengan sebagian ujung dan tepi daun berwama coklat.
2. Wama tangkai daun hijau kuning, keputih-putihan.
3. Posisi daun/tulang daun mendatar
4. Kadang-kadang pada lembaran daun ada bintik-bintik coklat, sebagai lambang ketuaan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :
Pada saat curing, yang perlu diperhatikan juga adalah kapasitas daun di dalam oven.
Sebagai contoh untuk oven ukuran 4 x 4 x 7 rak sebanding dengan 1,8 ha, sedangkan 5 x 5 x 7 rak maksimum 2,8 ha. Juga cuaca waktu proses, kalau musim hujan harus lebih longgar daripada waktu musim kering.

Pada saat panen tembakau harus dipastikan berapa lembar yang harus dipetik sesuai kapasitas oven. Daun tembakau yang dipetik haruslah seumur dan posisi daun yang sama, karena apabila umur daun dan posisi daun berbeda, akan sangat sulit menentukan kapan harus menaikkan suhu oven, kapan harus masuk ke tahapan berikutnya, kapan harus buka ventilasi dan sebagainya.
Oleh sebab itu pengetahuan petani dan pemetik daun harus benar-benar baik tentang saat panen ini. Sebaiknya saat menjelang panen, petani yang bersangkutan mengumpulkan seluruh tenaga petiknya dan diberitahu mana yang sudah boleh dipanen dan mana yang belum.

Tahapan Curing
Sebelum memulai curing harus dipastikan bahwa seluruh gelantang sudah tersedia dan bebas palstik, kompor sudah dicek kondisinya dengan melakukan test nyala api sebelurnnya, seluruh dinding oven tidak ada yang berlubang, pintu bisa menutup rapat, pipapipa tidak ada yang rusak dan berlubang.

Ada 4 tahapan curing, yaitu :

1. Penguningan,
Proses biologis daun ini merupakan proses perubahan warna dari hijau ke warna kuning, karena hilangnya zat hijau daun / klorophyil ke zat kuning daun dan terjadi penguraian zat tepung menjadi gula.
Perubahan ini bisa terjadi pada suhu 32 s/d 42 derajat celcius. Proses ini harus dilakukan secara perlahan-lahan waktu yang diperlukan tergantung posisi daun. Umumnya berlangsung selama 55 s/d 58 jam.
Pada saat ini awalnya semua ventilasi ditutup, baik atas maupun bawah. Tetapi apabila seluruh daun sudah berwama kuning orange ventilasi atas dibuka 1/4 , proses ini sangat menentukan terhadap hasil curing.

2. Pengikatan Warna,
Apabila seluruh daun sudah berwama kuning orange baik lembar daun maupun tulang daun, maka secara pertiahanlahan suhu dinaikkan. Pada saat proses ini terjadi, maka apabila daun masih berwama hijau, maka daun tetap akan berwama hijau, sebaliknya apabila sudah berwama kuning orange maka hasil curing akan kuning orange. Karena pada suhu 43-52 °C ini terjadi pengikatan warna.
Sehingga apabila warna daun pada proses penguningan belum sempuna, maka jangan terburu-buru menaikkan suhu lebih dari 42°C.
Pada tahapan ini ventilasi dibuka secara bertahap, sedikit demi sedikit sampai akhirnya dibuka seluruhnya. Waktu yang diperlukan kalau berjalan sempuma umumnya sekitar 18-19 jam.

3. Pengeringan Lembar Daun,
Proses ini bertujuan untuk mengurangi kadar air didalam lembar daun dengan cara menaikkan suhu 53-62°C. Pada saat ini seluruh ventilasi dibuka, karena air yang keluar dari sel-sel daun akan menjadi uap air, yang harus dibuang keluar oven agar tidak kembali ke daun. Ciri-ciri proses ini, daun sudah terasa kering apabila dipegang, tapi tulang daun masih terasa basah daun terlihat keriput atau keriting waktu yang dibutuhkan lebih kurang 30-32 jam.

4. Pengeringan Gagang
Pengeringan gagang tembakau dilakukan pada suhu 63-72°C. Pada saat ini air yang bisa dilepas didalam batang daun akan dikeluarkan proses awal tahap ini ventilasi mulai ditutup secara perlahan dan bertahap, untuk menjaga kelembaban udara tetap berkisar pada 32%. Ciriciri tahapan ini bisa selesai apabila seluruh tulang daun sudah kering, dan bila ditekuk batangnya akan patah dan berbunyi krek. Ini menandakan bahwa tahap ini berjalan baik 5-8 jam sebelum proses berakhir, seluruh ventilasi harus ditutup agar kelembaban udara tetap terjaga. Proses ini memerlukan waktu normalnya 30-32 jam jangan pernah menaikkan suhu oven diatas 72 C, karena tembakau akan terbakar.

Demikian tahapan curing yang terjadi pada tembakau virginia Flue Cure. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh pengawasan karena tembakau yang sudah sangat baik pertumbuhannya dilapangan, akan sia-sia hasilnya apabila proses curing ini tidak berjalan lancar.

Oleh karena itu untuk semua oven yang aktif harus memiliki termometer untuk memastikan apakah setiap tahapan tersebut sudah berjalan baik atau belum. Dan juga setiap oven harus memiliki table pedoman prosedur curing tembakau virginia serta menggunakan alat Hygrocurometer untuk mengukur suhu dan kelembaban udaranya

Selengkapnya mengenai Panen dan Pascapanen Tembakau 

Wedding Organizer Paket di Gedung dan di Rumah

Berikut adalah posting mengenai harga paket wedding organizer baik di gedung maupun di rumah. Layanan perencanaan pernikahan ini oleh Tenda Ok Rek untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Wedding Organizer Paket di Gedung


Paket Standart Gedung HARGA : Rp. 28.000.000,- Dekorasi Pelaminan Lengkap    10 Meter Rias Pengantin (Akad, Resepsi)    Rias Dan Baju Bapak , Ibu    2 Pasang Rias Dan Baju Terima Tamu    6 Orang Rias Dan Baju Petugas Buku Tamu    2 Orang Rias Dan Baju Panitia    4 Orang Dokumentasi Foto    3 Roll+Album Dokumentasi Video   ...

FOTO DAN VIDEO ZONE V


Foto digital  1 roll ( 35 – 40 lembar cetak 4r)    Harga Mulai Rp. 275.000,- Dokumentasi video 1 keping dvd    Harga Mulai Rp. 850.000,- Foto candid    Majalah foto wedding    Fotobooth  per 100 lembar     Harga Mulai Rp. 1.500.000,- Melayani dokumentasi wedding, seminar, ulang tahun, pentas seni, wisuda, rapat, dll. MENERIMA JUGA Dekorasi...

WEDDING ORGANIZER PAKET di RUMAH


PAKET STANDART RUMAH HARGA :  MULAI Rp. 22.000.000,- DEKORASI PELAMINAN LENGKAP    6 METER RIAS PENGANTIN     RIAS dan BAJU BAPAK , IBU    2 PASANG RIAS dan BAJU TERIMA TAMU    4 ORANG RIAS dan BAJU PETUGAS BUKU TAMU    2 ORANG DOKUMENTASI FOTO    3 ROLL+ALBUM DOKUMENTASI VIDEO    1 KEPING DVD MC   ...
Baca Selengkapnya → 

Layanan paket pengantin ini, biasanya untuk orang yang hendak melaksanakan pesta pernikahan, namun tidak sempat atau tidak bisa mengurus sendiri persiapan dan keperluan pesta tersebut. Selain dekor, dan kebutuhan pernikahan, termasuk rias, katering, dan foto - video, juga ada yang minta sampai kebutuhan souvenir atau cindera mata bagi undangan. 

Soal Latihan IPA SD untuk menghadapi ujian

Kerjakanlah di buku tugasmu!
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang benar!
1. Batu pijar yang terletak di bagian lapisan perut bumi disebut ....
a. lava
b. lahar
c. magma
d. kawah

2. Batuan yang mengalami perubahan bentuk akibat suhu dan tekanan tinggi, air, dan perubahan kimia disebut batuan ....
a. beku
b. sedimen
c. endapan
d. metamorf

3. Jenis batuan yang terjadi jika batu kapur mengalami perubahan suhu dan tekanan tinggi adalah batu ....
a. granit
b. pualam
c. sabak
d. serpih

4. Tanah yang memiliki ciri-ciri sulit dilalui air, jika basah tanah menjadi sangat lengket dan
elastis disebut tanah ....
a. liat
b. berpasir
c. berkapur
d. berhumus

5. Batu-batu berikut yang merupakan jenis batuan sedimen (endapan) adalah ....
a. batu granit, batu apung, batu basal
b. batu pasir, batu serpih, batu kapur
c. batu pualam, batu sabak, batu kuarsa
d. batu gamping, batu obsidian, batu marmer

6. Batu yang termasuk jenis batuan beku adalah ....
a. batu obsidian               c. batu gamping
b. batu pualam               d. batu kuarsa

7. Tanah terbentuk dari ....
a. batuan yang lapuk dan hancur
b. kotoran hewan dan dedaunan
c. batu pasir, tanah liat, dan tumbuhan
d. tumbuhan dan hewan yang telah mati

8. Pelapukan tanah karena perubahan suhu dan kegiatan alam lain disebut ....
a. pelapukan fisika
b. pelapukan biologi
c. pelapukan oksigen
d. pelapukan kimiawi

9. Pelapukan batuan yang disebabkan oleh makhluk hidup disebut ....
a. pelapukan fisika
b. pelapukan biologi
c. pelapukan oksigen
d. pelapukan kimiawi

10. Tanah yang termasuk jenis tanah yang berat adalah ....
a. tanah berpasir
b. tanah liat
c. tanah berhumus
d. tanah berkapur

11. Lapisan matahari yang memiliki suhu 6.000oC adalah ....
a. korona
c. fotosfera
c. kromosfer
d. inti matahari

12. Sumber energi yang tidak menimbulkan polusi adalah ....
a. bensin
b. batu bara
c. minyak tanah
d. sinar matahari

13. Air di permukaan bumi mengalami penguapan karena menerima ....
a. panas bumi
b. tiupan angin
c. terpaan ombak
d. panas matahari

14. Rentetan perubahan wujud air yang terjadi terus-menerus dan berulang-ulang dinamakan ....
a. daur air
b. peredaran air
c. pengolahan air
d. pemanfaatan air

15. Berikut ini merupakan cara menghemat air, kecuali ....
a. menutup kran bila tidak digunakan
b. menyiram tanaman dengan air cucian beras
c. mencuci pakaian setelah jumlahnya cukup banyak
d. mencuci kendaraan setiap hari bila ada waktu

16. Mineral merupakan barang yang berasal dari ....
a. sisa-sisa hewan
b. sisa-sisa tumbuhan
c. sisa-sisa makhluk hidup
d. selain makhluk hidup

17. Beberapa sumber daya alam di bawah ini dapat diperbarui, kecuali ....
a. minyak bumi
b. hasil pertanian
c. hasil peternakan
d. semua makhluk hidup

18. Hasil penyulingan bumi yang berfungsi sebagai bahan bakar kendaraan bermotor adalah ....
a. oli
b. bensol
c. aspal
d. bensin

19. Logam yang banyak terdapat di kerak bumi berwarna putih, tahan karat, ringan, dapat digunakan untuk membuat badan pesawat terbang adalah ....
a. besi
b. emas
c. perak
d. aluminium

20. Badan yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia untuk mengetahui peristiwa alam yang akan terjadi adalah ....
a. Badan Usaha Milik Negara
b. Badan Meteorologi Nasional
c. Badan Meteorologi dan Geofisika
d. Badan Penelitian dan Pengembangan teknologi

21. Sumber daya alam utama yang amat sangat besar dan tidak akan pernah habis adalah ....
a. hewan
b. tumbuhan
c. peternakan
d. sinar matahari

22. Berikut ini merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, kecuali ....
a. batu bara
b. minyak bumi
c. hasil tambang
d. sinar matahari

23. Sumber daya alam yang langsung dapat dipakai seperti bahan asalnya, kecuali ....
a. air
b. udara
c. cahaya matahari
d. sayur-sayuran

24. Kegiatan manusia di bawah ini dapat mengubah permukaan bumi, kecuali ....
a. pertanian
b. perkebunan
c. pembangunan
d. pemeliharaan hutan

25. Peristiwa alam yang dapat dicegah adalah ....
a. banjir
b. tsunami
c. gunung meletus
d. gempa bumi


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!
1. Lapisan kulit bumi yang paling luar disebut ....
2. Batu pijar yang terletak di bagian bawah lapisan kerak bumi disebut ....
3. Batuan yang mengalami perubahan bentuk akibat suhu dan tekanan tinggi, air, dan perubahan kimia disebut batu ....
4. Batu apung termasuk jenis batu ....
5. Batuan yang terjadi akibat pembekuan lava dari letusan gunung berapi disebut batuan ....
6. Bagian tanah yang banyak menyerap air adalah ....
7. Suhu permukan matahari adalah ....
8. Tanah terdiri atas unsur-unsur ....
9. Peristiwa perputaran air di alam secara berulang-ulang disebut ....
10. Awan yang terbawa angin dan jatuh ke bumi berupa titik air disebut ....
11. Terasering digunakan untuk ....
12. Bencana alam yang sering terjadi di Indonesia adalah ....
13. Gelombang laut yang besar akibat gempa bumi disebut ....
14. Pencemaran air dapat disebabkan oleh ....
15. Untuk menampung air hujan dan mencegah banjir, maka dibangun ....
16. Daya listrik dapat dihasilkan dari cahaya matahari disebut ....
17. Hujan terjadi karena berbagai tempat yang berair menguap akibat terkena ....
18. Segala sesuatu yang berasal dari alam, baik yang ada di dalam maupun yang ada di permukaan
bumi disebut ....
19. Barang tambang yang tidak berasal dari makhluk hidup disebut ....
20. Tumbuhan, hewan, air, udara, sinar matahari termasuk sumber daya alam ....
21. Sumber daya alam yang habis bila digunakan terus menerus disebut sumber daya alam ....
22. Bahan baku untuk membuat kerangka pesawat terbang adalah ....
23. Kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi guna menghindari kemacetan lalu lintas adalah ....
24. Penggunaan sumber daya alam tanpa memerhatikan kelestariannya akan menjadikan sumber daya alam tersebut ....
25. Sumber daya alam yang paling berpengaruh dan bertanggung jawab atas keadaan alam adalah


III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan tiga jenis batuan!
2. Sebutkan contoh batuan beku!
3. Sebutkan contoh batuan sedimen!
4. Sebutkan contoh batuan metamorf!
5. Sebutkan lapisan-lapisan bumi!
6. Buatlah gambar/ diagram daur air!
7. Sebutkan kegiatan manusia yang dapat memengaruhi daur air di alam!
8. Sebutkan usaha-usaha untuk menghemat air!
9. Apakah penyebab terjadinya tanah longsor/erosi?
10. Sebutkan cara-cara mencegah banjir!
11. Apakah yang dimaksud dengan sumber daya alam?
12. Apakah yang dimaksud sumber daya alam yang dapat diperharui?
13. Berilah tiga contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
14. Mengapa sinar matahari termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui?
15. Sebutkan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi?

Lapisan-Lapisan Bumi

Struktur Bumi

1. Lapisan-Lapisan Bumi
Tahukah kamu asal mula bumi ini? Ada teori yang mengatakan bahwa bumi berasal dari zat dan gas cair yang sangat panas. Lama kelamaan menjadi dingin dan terbentuklah suatu lapisan yang sangat keras, disebut kerak bumi. Lapisan bumi terdiri atas: lapisan kerak, mantel bumi, inti bumi.

a. Kerak Bumi
Kerak bumi adalah lapisan bagian luar dan merupakan tempat makhluk hidup melakukan kegiatan. Kedalaman kerak bumi mencapai 15 km s/d 60 km. Lapisan ini terdiri atas tanah dan batuan.

b. Mantel Bumi
Mantel atau selubung bumi merupakan lapisan yang terletak di bawah bagian kerak bumi dan mencapai kedalaman 2.900 km, terdiri atas magma kental dengan suhu 1.400oC s/d 2.500oC. Lapisan ini terbentuk dari mineral silikat.

c. Inti Bumi
Inti bumi adalah bagian pusat bumi dengan diameter 6.800 km dengan suhu antara 3.000oC s/d 5.000oC. Lapisan inti bumi bagian luar terbentuk dari besi, nikel, dan zat lain. Lapisan inti bumi bagian dalam terbentuk dari nikel padat.

Jenis-Jenis Tanah

Ambillah segenggam tanah yang ada di kebun sekolahmu! Di sana sering kamu jumpai berbagai benda tercampur dengan tanah itu, di antaranya batu kerikil, sampah yang sudah membusuk, binatang yang sudah mati, dan lain-lain.

Apakah tanah selalu tersusun atas unsur-unsur kerikil, pasir, debu, dan butir liat? Jika tanah tersebut banyak mengandung butir liat, maka tanah itu dinamakan tanah liat.

Dari satu tempat ke tempat lain, jenis-jenis tanahnya dapat berbeda. Hal ini terjadi karena jenis batuan tempat tanah itu berasal juga berbeda. Beberapa jenis tanah di antaranya:

1. Tanah Berpasir
Tanah berpasir sedikit mengandung bahan organik, sehingga tanah ini tidak begitu subur dan mudah dilalui air.

2. Tanah Berhumus
Tanah humus berwarna gelap dan banyak mengandung humus. Tanah berhumus paling subur dibanding tanah jenis lain dan dapat menahan air. Humus berasal dari sisa tumbuhan.

3. Tanah Liat
Tanah liat sulit dilalui air. Jika basah, tanah ini sangat lengket dan elastis. Sehingga tanah liat banyak dijadikan bahan dasar pembuatan keramik. Tanah liat termasuk jenis tanah yang berat.

4. Tanah Berkapur
Tanah berkapur sangat mudah dilalui air. Tanahberkapur mengandung bebatuan dan sedikit sekali humusnya.
busana muslim busana muslim Blus terbaru
Memuat...

Komentar Teman-teman

dari GMP: Setting AMDK dan Filter

... Peluang Usaha - Program Butik Online Tanpa Modal

Program Butik Online tanpa modal adalah program terbaru dari Mode Ok-Rek dengan misi untuk mendukung penjual/reseller ok-rek semakin kreatif dalam mengolah pasarnya, dan memberikan pencerahan pada dunia fashion .... Selengkapnya >>>
Persewaan Alat Pesta, Tenda /terop, meja kursi, alat makan di Sidoarjo dan Surabaya.

.


.
.
.














Wiremesh murah hubungi Afandi
0878 525 808 85; 082140 031 207.
Ada juga besi beton murah.

Desain dan Produksi Mode dan Busana

Tampil di blog ini